Wisata Jabar

Inilah 6 Program Pengembangan SDM Pariwisata di Era Industri 4.0

share to whatsapp



Pariwisata di era digital

Sebanyak 6 program inisiatif pengembangan sumber daya manusia (SDM) menuju pariwisata 4.0. dihasilkan dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata I Tahun 2019. Dengan mengangkat tema “Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT) 4.0: Transforming Tourism HR to Win The Global Competition in The Industry 4.0 Era", Rakornas Pariwisata I Tahun 2019  berlangsung selama dua hari di Hotel Sultan Jakarta. Rakornas ini secara resmi ditutup oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Jumat sore (1/3/2019).

Rakornas menghasilkan 6 program inisiatif yang segera diimplementasikan dalam menyiapkan SDM menuju pariwisata 4.0 yang menyasar wisatawan milenial. Sebanyak 6 program inisiatif yang dimaksud yakni:

1. Program pemetaan digital "maturity" di industri pariwisata di Indonesia
Dalam program ini antara lain perlu melakukan pemetaan digital "maturity" untuk ekosistem kepariwisataan serta pemetaan AKS (Attitude, Knowledge, Skill) gap di dalam industri kepariwisataan di Indonesia.

2. Program pemetaan kompetensi, kurikulum, dan metode pembelajaran dan sertifikasi WIDT 4.0
Program ini antara lain perlu melakukan metode pembelajaran kompetensi digital "blended learning" dan pembentukan Center of Excellence Tourism di perguruan tinggi pariwisata dengan pendekatan pentahelix serta sertifikasi kompetensi.

3. Program kerja sama link & match antara Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dan industri di bidang pengembangan kompetensi digital
Dalam program ini antara lain dengan membuka kesempatan untuk mendapatkan professional shadowing program, kesempatan magang (internship) mahasiswa PTNP di industri yang mempunyai kompentensi digital sesuai "best practice".

4. Program pengembangan dan pembinaan SDM desa wisata dengan PTNP
Dalam program pengembangan dan pembinaan SDM Desa Wisata dengan PTNP dengan mengembangkan dan pelatihan SDM terkait dengan Desa Wisata berbasis digital dan program pendampingan Desa Wisata bekerja sama dengan perguruan tinggi pariwisata, dan pengkajian untuk mendukung aplikasi program Desa Wisata berbasis digital.

5. Program kerja sama pengembangan start up pariwisata dan industri kreatif di berbagai destinasi wisata
Dalam program ini antara lain perlu dilakukan kerja sama dalam program “Tourism Startup and Creative Industry Development Program” dan kerja sama pengembangan SDM industri kreatif dan pariwisata di berbagai daerah kunjungan wisata.

6. Program pengembangan dan pelatihan WIDI (Wonderful Indonesia Digital) Champion
Dalam program ini perlu dilakukan kerja sama untuk gerakan nasional pengembangan start up di sektor industri pariwisata serta program "capacity building" untuk meningkatkan digital literasi dan kesiapan bagi pelaku bisnis UKM di daerah-daerah wisata.


share to whatsapp