Wisata Jabar

Wisata Mini 3D Jelekong, Spot Selfie dan Edukasi Seni di Bandung Selatan

share to whatsapp



Wisata Mini 3D Gurat Art Jelekong

Nama Jelekong di Baleendah, Kabupaten Bandung, selama ini dikenal dengan Kampung Budaya Wayang Golek Giriharja. Selain kawah candradimuka para dalang wayang golek, kampung kreatif di Bandung Selatan ini pun dikenal sebagai sentra kerajinan wayang golek dan lukisan. Para
seniman lukisan dengan sentra lukisan di Desa Jelekon memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.

Kampung pelukis
Lebih dari 10% dari jumlah penduduk Jelekong memiliki profesi sebagai pelukis. Beragam lukisan asal desa ini, namun memiliki kekhasan yaitu lukisan pemandangan terutama pemandangan sawah dan gunung, bahkan produk lukisan sudah sampai ke luar negeri. Pelukis di Kelurahan Jelekong menempati beberapa kampung, yaitu Giriharja  (RW 01), Cikadu  (RW 02), Nanggerang (RW 03,  09,  11),  dan Batu Gajah (RW 04). Ada sekitar 20 galeri di sepanjang jalan desa itu karena dari total penduduk Jelekong yang sebanyak 500 orang, 400 diantaranya adalah pelukis.

Untuk lebih memperkenalkan seni lukis kepada masyarakat umum, pada awal 2019 di kawasan ini berdiri Wisata Mini 3D Gurat Art. Wisata Mini 3D Art Jelekong ini, dibuat oleh para pelukis lokal yang umurnya masih muda-muda yang ada di Kabupaten Bandung dan tergabung ke dalam sebuah Komunitas Pelukis Gurat Art. Gurat Art sendiri merupakan perkumpulan pelukis muda yang dibentuk tahun 2010 dan beranggotakan sekitar 100 orang pelukis muda asal Jelekong.

Wisata Mini 3D Gurat Art
Saat tim wisatajabar.com menyambangi tempat wisata seni ini, terlihat banyak pengunjung dimana sebagaian besar didominasi anak-anak sekolah. Di area Wisata Mini 3D Gurat Art, terdapat 30 lukisan 3D yang ada di tiga sudut ruangan yang berada di Wisata Mini 3D Art Jelekong. Lukisan 3D itu dilukis di dinding triplek dengan beragam karakter dan warna-warni yang membuat tertarik para pengunjung.

Wisatawan bisa berfoto selfie dengan latar lukisan-lukisan 3D, di antaranya ada lukisan 3D badut yang tangannya keluar bingkai dan menarik jaket pengunjung; lukisan 3D ikan yang "dipancing" pengunjung; jalan beraspal yang keluar dari bingkai dan bisa dipegang oleh pengunjung; capung raksasa; singa mengaum; wajah si Cepot; daun yang diberikan kepada semut hitam; hingga lukisan tikus besar.

Jam buka dan harga tiket Wisata Mini 3D Gurat Art
Wisata Mini 3D Art Jelekong buka setiap hari dari pukul 09.00-18.00 WIB. Untuk tiket masuknya menggunakan sistem paket. Pengunjung bisa memilih hanya berfoto ria dengan tiket Rp10.000 plus minuman ringan. Paket lainnya Rp20.000 dengan mendapatkan minuman ringan dan lukisan kecil. Bila ingin belajar melukis bisa mengambil paket Rp25.000 dimana selain diberi minuma ringan juga diberi kanvas kecil. Pengunjung bisa melukis di bagian atas galeri di ruang terbuka atau di saung-saung.

Untuk areanya sendiri memang tidak terlalu luas, namun bisa menampung banyak pengunjung. Lokasinya yang berada di perbukitan menyajikan suasana yang asri. Sementara untuk area parkir bisa di pinggir jalan dan parkir motor ada tempat khusus. Layanan di sini pun terbilang baik, pengunjung disambut oleh pihak pengelola dan didampingi untuk berfoto atau belajar melukis. Di sini pun wisatawan bisa membeli aneka karya lukisan yang dipajang di galeri. Fasilitas lainnya ada saung-saung dan bale-bale buat istirahat, galeri. mushola, toilet, area parkir, penginapan, dll.

Rute ke Wisata Mini 3D Gurat Art Jelekong
Untuk akses ke tempat Wisata Mini 3D Gurat Art Jelekong, bila menggunakan kendaraan pribadi bisa keluar tol Buah Batu. Kemudian melewati Jln. Raya Bojongsoang ke arah Baleendah lewat Jln. Siliwangi. Keluar daerah Munjul lalu ke arah Kampung Seni Jelekong. Arah masuknya sebelah kiri Padepokan Wayang Golek Giriharja. Bila menggunakan angkutan umum bisa naik bus DAMRI jurusan Leuwipanjang - Majalaya atau angkot ke Ciparay. Berhenti di depan Padepokan Giriharja dan dari sana bisa naik ojek.

Wisata Mini 3D Gurat Jelekong Art Community
Desa Jelekong, Kec. Baleendah, Kab. Bandung
Kontak:
Instagram: @gurat_jac
Facebook: Gurat Jelekong
Telepon: 0817-9258-121


share to whatsapp