Wisata Jabar

Spot Baru, Ayunan Instagramable di Situ Wanayasa Purwakarta



Ayunan Situ Wanayasa

Bila berkunjung ke Purwakarta, jangan lupa mampir ke Situ Wanayasa. Kini, yang paling anyar di san ada Ayunan Syahdu yang instagramable. Inilah spot ayunana yang instagramable kayak di Gili Trawangan atau di Tanjung Aan, Lombok. Lokasinya sendiri berada di area Pasir Mantri (pulau di tengah situ). Tiket masuknya cuman Rp3.000 untuk parkir motor dan Rp5000 untuk masuk ke area Pasir Mantri.

Situ Wanayasa terletak di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, kurang lebih 3 km sebelah Tenggara kota Purwakarta. Situ Wanayasa adalah danau alam seluas kurang lebih 7 ha yang berada pada ketinggian 600 m DPL. Yang unik dari danau atau situ ini adalah adanya pulau di tengah danau. Di pulau tersebut terdapat makam RA. Suriawinata, salah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke-9. Meninggal pada tahun 1827.

Rute ke Situ Wanayasa Purwakarta
Adapun rute ke Situ Wanayasa, bila Anda menggunakan mobil pribadi, dari arah Jakarta melalui tol Jakarta-Cikampek, kemudian dilanjutkan menuju arah Bandung melalui tol Purbaleunyi kemudian keluar di pintu tol Jatiluhur berbelok ke kiri kearah kota Purwakarta. Ikuti arah jalan menuju Wanayasa atau Pasar Rebo. Letak situ menjelang terminal Wanayasa.

Sementara dari arah Bandung dapat ditempuh melalui jalur Lembang dilanjutkan ke arah Subang, melewati gunung Tangkuban Parahu, Sari Ater, dan berbelok ke kiri di jalan Cagak menuju Wanayasa, letak situ setelah melewati terminal Wanayasa. Jalur lainnya bisa lewat tol Purbaleunyi keluar Jatiluhur.

Selain berayun, pengunjung pun juga bisa menikmati segar nan asri kawasan Situ Wanayasa dengan background Gunung Burangrang. Di sini pun banyak penjual makanan khas Purwakarta di sekitar Situ, mulai dari Sate Maranggi, Ulen Bakar plus sambel oncom juga manisan Pala khas Wanayasa.


share to whatsapp