Wisata Jabar

Menpar RI: Jawa Barat Akan Menjadi Provinsi Pariwisata



Kunjungan Menpar ke Pangandaran

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya hadir dan memberikan paparan pada acara Media Gathering 2018 bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan para rekan media (pers) Jawa Barat yang berlangsung di Pantai Indah Hotel & Resort Pangandaran, Rabu (28/11/2018).

Sebelum masuk ke lokasi acara, Menpar bersama Gubernur Jawa Barat, Bupati Pangandaran dan beserta jajarannya saat tiba di Hotel Arnawa Pangandaran disambut dengan tarian pembuka selamat datang untuk menghadiri Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona Destinasi Pariwisata Kabupaten Pangandaran.

Acara diawali dengan sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dilanjutkan dengan paparan oleh Menteri Pariwisata RI terkait Pariwisata sebagai Core Economy Indonesia pada Pelatihan Dasar Masyarakat Pangandaran.

Dalam paparannya, Menpar fokus menyampaikan mengenai Strategi Pengembangan Pemasaran dan Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata. Strategi Pengembangan Pemasaran Pariwisata kita telah menggunakan Best Practice dengan destinasi utama yakni Greater Bali, Greater Jakarta, dan Greater Batam. Untuk strategi pengembangan pemasaran Destinasi Pariwisata dapat dilihat dari 3A yakni :
1. Atraksi : dalam konteks ini diharapkan Pangandaran membuat Geopark Nasional sebagai destinasi berkelas dunia yang nantinya pada tahun 2019 ditargetkan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).
2. Aksesibilitas : Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas umum, pariwisata yang meliputi Bandara serta akses pelebaran jalan.
3. Amenitas : pengembangan KEK yang nanti menjadi industri akomodasi dan resort berkelas dunia.

Secara keseluruhan, Menpar menyampaikan bahwa pariwisata Indonesia menjadi leading sector dan Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pariwisata. (Humas Kemenpar RI)


share to whatsapp