Wisata Jabar

Inilah Rencana Pembenahan Wisata Area Publik di Kota Cirebon



Kunjungan Ridwan Kamil ke Cirebon

Sebagai kota yang terhitung komplit untuk urusan destinasi wisata, sudah selayaknya Kota Cirebon berada lebih di depan dalam menggaet kunjungan pelancong. Hal inilah yang menjadi dorongan pihak Pemprov Jabar untuk lebih mengoptimalkan Kota Cirebon sebagai salah satu unggulan wisata daerah di Jawa Barat.

Hal ini terungkap saat kunjungan kerja Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ke sejumlah lokasi ikonik di Kota Cirebon pada Rabu (14/11/18). Gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut di antaranya mengunjungi alun- alun Kejaksan Kota Cirebon, Gedung Negara/ kantor Bakorwil III Jabar Kota Cirebon, dan sejumlah lokasi lainnya di Kota Cirebon.

Berikut ini beberapa rencana dan rancangan Ridwan Kamil untuk pengembangan wisata Kota Cieberon:

1. Adanya desain publik
desain ruang publik yang bisa jadi identitas kota, dengan memenuhi aspek kenyamanan, keselamatan, keamanan, aksesibilitas, dan daya tarik, atau "attractiveness", sebagai ruang publik atau titik kumpul masyarakat.

2. Pembenahan Alun-Alun
Rencananya tahun depan alun-alun Kejaksaan akan direvitalisasi. Di area tersebut bakal ada basement untuk kebutuhan parkir, karena kunjungan wisata religiusnya meningkat.

3. Pembenahan Tugu Proklamasi
Tugu Proklamasi di Kota Cirebon rencananya akan dibenahi supaya lebih memiliki daya tarik.

4. Pembenahan zona kaki lima dan jalan
Kang Emil pun berencana membenahi zona kaki lima di titik-titik keramaian di Kota Cirebon. Setelah itu, jalan Siliwangi Kota Cirebon, akan ditata supaya bisa jadi jalan utama.

5. Pembenahan Gedung Negara/ kantor Bakorwil III Jabar
Gedung ini per-Januari 2019 sudah tidak beroperasi lagi sebagai kantor Bakorwil. Maka gedung bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.  Sementara dalam konteks pariwisata, kata Kang Emil, gedung ini bisa dikonsepkan sebagai pusat budaya.  Jadi, kalau wisatawan datang mau lihat tari- tarian mau lihat angklung musik daerah bisa ke sini. Spot ini bisa jadi gedung ekspose untuk memamerkan kerajinan, pameran, bazar, kita bisa renovasi, bisa juga ada museum, dan restoran..

6. Dana pembenahan wisata Kota Cirebon
Ridwan Kamil mengaku pihaknya akan menyiapkan dana sekitar Rp15- 20 miliar untuk "mendandani" wajah Kota Cirebon ini.


share to whatsapp