Festival Goyang Karawang Meriahkan Hari Jadi ke-385 Kab. Karawang



Bulan September ini Kabupaten Karawang merayakan hari jadinya yang ke-385 tahun. Beberapa event digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi tersebut. Salah satunya Hajat Kirab Budaya yang dilaksanakan, Sabtu (15/9.2018) malam. Kirab ini mengambil titik start di pertokoan dekat Rel Kereta Tuparev melewati Panggung kehormatan di depan Pasar Baru Karawang, dan berakhir di Tugu Padi Jalan Kertabumi.

Event lain yang tak kalah meriah yakni Festival Goyang Karawang tingkat nasional. Event ini digelar di kawasan wisata Situs Candi Jiwa di Kecamatan Batujaya dari Jumat sampai Minggu, 21 s.d. 23 September 2018 lalu. Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah daerah kepada para seniman Karawang dalam memperingati HUT Karawang.

Festival Goyang Karawang ini diikuti oleh peserta dari 20 Provinsi. Para penari yang berasal dari berbagai provinsi ini secara bergiliran menunjukan kemampuan seni tari dari daerahnya masing-masing. Selain dari Jawa Barat, peserta juga berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur Sumatera, Jambi, Banten, Lampung hingga Papua pun turut hadir untuk meramaikan pagelaran budaya ini.

Festival Goyang Karawang juga bertujuan sebagai ajang untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Karawang, khususnya wisata situs candi Jiwa, Kecamatan Batujaya. Selain itu juga diharapkan dapat menggairahkan perekonomian masyarakat.

 Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memastikan bahwa ajang tersebut akan menjadi agenda tetap tahunan dengan lokasi yang berbeda dengan tujuan memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Karawang kepada lebih banyak orang selain wisatawan lokal Karawang. Menurutnya, kegiatan ini tidak dilakukan di satu tempat, tetapi menyebar luas. Bisa di Cikampek, Cilamaya atau Tegalwaru dan juga bisa saja di Pakisjaya. ** Diskominfo Pemkab Karawang

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS