Wisata Jabar

Cianjur Jago Festival 2018, Potensi Wisata Seni dan Budaya



Cianjur Jago Festival 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018 gelaran 70 Ribu Detik Cianjur Jago berlangsung meriah. Ratusan ribu masyarakat dan wisatawan antusias untuk menyaksikan Semarak Budaya Bhinneka Tunggal Ika Tahun 2018 ini. Gelaran 70 Ribu Detik Cianjur Jago diisi dengan Pawai Karnaval. Kegiatan ini merupakan perayaan Hari Ulang Tahun ke-341 Kabupaten Cianjur. Sekaligus, untuk memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Juga untuk memeriahkan pesta olahraga Asian Games 2018.

Kegiatan diawali salat subuh berjamaah dan penyalaan lodong. Dilanjutkan dengan acara helaran. Bupati Cianjur H Irvan Rivano Muchtar menandakan pembukaan dengan tujuh kali menyalakan meriam lodong di halaman Masjid Agung Alun-alun Cianjur.

Karnaval budaya ini mengambil rute start kawasan Jebrod, Sayang, Cikidang, Warujajar, Ampera, Suge, Pasarean, Cimaya, dan finish di jalan Siliwangi. Acara dimulai sejak pukul 09.00 WIB.
Selanjutnya, kegiatan karnaval budaya dan karnaval mobil hias melintasi sejumlah ruas jalan. Seperti Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Prof. Moch Yamin – Jl. Arif Rahman Hakim belok ke Jl. KH. Hasyim Ashari – Jl. Suroso – Jl. Taifur Yusuf – belok ke Jl. Otista II – Jl. Siti Jenab – belok ke Jl. Siliwangi – Panggung Kehormatan – Finish.

Acara dilanjutkan dengan 7 panggung budaya pukul 13.00 - 15.30, dan konser kemerdekaan pukul 20.00 - 00.00 dengan bintang tamu "PADI reborn". Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yudi Ferdiana menambahkan, event '70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival' tahun ini merupakan yang kedua kalinya. Tahun ini sesuai temanya menampilkan budaya dari semua provinsi di Indonesia. Jadi peserta defile menampilkan budaya dari tiap provinsi, termasuk kendaraan hias menampilkan rumah adat masing-masing provinsi.

Sedangkan malam puncak, dilakukan di Lapang Prawatasari, Joglo. Di tempat itu tersedia tujuh panggung sesuai dengan tujuh pilar budaya Kabupaten Cianjur, yakni Ngaos, Mamaos, Maenpo, Tatanen, Tanginas, Someah, dan Sauyunan Event spektakuler yang digelar setiap tahun ini juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata, Wawan Gunawan mengatakan, kemeriahan Helaran Seni Budaya dan Pawai Mobil Hias di Cianjur Jago Festival 2018 ini menjadi bukti besarnya potensi seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Cianjur.