Wisata Jabar

Aerocity Kertajati, Penggerak Ekonomi Wilayah Timur Jawa Barat



Konsep Aerocity Bandara Kertajati

Potensi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bagian timur semakin di depan mata. Ini akan jadi geliat ekonomi terutama bagi warga di Ciayumajakuning (Cirebon – Indramayu – Majalengka – Kuningan). Kertajati Aerocity akan berfungsi sebagai koridor industri dengan memiliki akses langsung ke Kabupaten Karawang Industri dan Bandung Metropolitan Area, di mana ia akan mengembangkan kawasan ini.

Pembangunan aerocity di kawasan Bandara Kertajati sudah masuk tahap pembebasan lahan oleh PT PPRO. Sementara untuk perencanaan Detail Engineering Design (DED) Aerocity Bandara Kertajati sudah selesai dan akan mulai tahap pembangunan pada November 2018.

Dibangun di atas lahan 3.480 hektare, aerocity memiliki luas dua kali lipat dari Bandara Kertajati. Aerocity Bandara Kertajati akan terbagi ke dalam enam kluster dan hanya berjarak 2 kilometer dari bandara. Nantinya, konsep aerocity bandara di antaranya ada apartemen, rumah sakit, dan embarkasi haji lengkap dengan miniatur Masjidil Haram untuk manasik haji.

Lebih spesifik, akan ada enam kluster Aerocity Bandara Kertajati yang diperuntukkan dengan adanya logistic park yang dimanfaatkan sebagai angkutan kargo logistik. Lahan yang disiapkan seluas 429 hektare. Juga akan dibangun creative and technology center di lahan seluas 544 ha, energy center 126 ha, business park 672 ha, aerospace park 335 hektare, dan sisanya residential park yang dimanfaatkan untuk hunian apartemen, rumah sakit dan embarkasi, dan fasilitas layanan masyarakat lainnya.

Dengan demikian, Bandara Kertajati bukan hanya sebagai bandara saja. Akan tetapi, di lingkungan bandara dengan mengusung konsep aerocity, BIJB sudah menjadi ekosistem. Dikatakanya, dalam dokum kajian perencanaan, adanya Bandara Kertajati bisa menyerap 400.000 tenaga kerja dari perusahaan-perusahaan yang menerima manfaat dari adanya BIJB.

Demikian juga, konektivitas kawasan aerocity Kertajati akan didukung oleh beberapa jenis infrastruktur transportasi; Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan) Jalan Tol yang menghubungkan Metro Bandung ke Kertajati, Cikapali (Cikampek – Palimanan) jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Karawang Industri ke Kertajati dan Kertajati ke Cirebon, juga pembangunan kereta api dari Bandung ke Kertajati dan Kertajati ke Cirebon.