Wisata Jabar

Mata Air Sodong, Pesona Wisata Alami di Bogor



Mata Air Sodong Bogor

Bingung mencari tempat liburan yang bernuansa alami dan menyegarkan? Cobalah Anda berpakansi ke Desa Ligar Mukti, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Di sana ada tempat wisata alami yang lagi ngehits, namanya Mata Air Sodong.

Tempat pemandian Mata Air Sodong adalah hulu sebuah sungai, di mana airnya keluar dari dalam tanah di bawah sebuah bukit kapur. Sebelum airnya jatuh ke sungai di bawahnya dibuatkan bendungan membentuk kolam pemandian.

Mata air ini sudah ada sejak delapan tahun silam, tapi baru ramai dikunjungi sekitar 2016. Kolam Mata Air Sodong terdiri dari dua kolam yakni kolam utama yang letaknya berada persis di pinggir jalan. Sedangkan kolam kedua merupakan kolam renang buatan, yang airnya dari Mata Air Sodong.

Awalnya ini hanyalah tempat mencuci oleh warga sekitar, airnya yang dingin menyegarkan dengan dasar bebatuan berlumut dan warna air kebiruan. Kini, tempat wisata baru ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang penasaran dengan lokasi ini.

Air yang ada di kolam ini,   tidak pernah surut walaupun sedang mengalami musim kemarau panjang dan tidak pernah kotor walaupun disesaki oleh wisatawan yang mandi dan berenang.  Untuk tarif masuknya hanya Rp10.000 untuk satu sepeda motor dan Rp 20.000 untuk mobil. Bagi pengunjung yang membawana anak yang tak bisa berenang, bisa menyewa sepuasnya pelampung atau ban dalam bekas dengan membayar Rp10.000.

Untuk rute perjalanan menuju Mata Air Sodong, dari Jalan Raya Narogong, dapat melewati pertigaan Klapanunggal dengan jarak sekitar 5 kilometer. Bila ditempuh dengan sepeda motor, membutuhkan waktu 20 menit. Adpaun bila dari Jalan Raya Cileungsi-Jonggol, dapat melalui pertigaan Gandoang dengan sedikit lebih jauh, lebih kurang 8 km, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.


share to whatsapp