10 Tempat Wisata Kuliner Favorit di Kuningan




Gunung Ceremai (3.076 m) di perbatasan dengan Kabupaten Majalengka adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Dan kawasan sekitar gunung ini pula yang menjadikan Kab. Kuningan terdapat objek-objek wisata alam nan eksotis. Selain terkenal dengan destinasi wisata alamnya, Kuningan pun dikenal dengan kulinernya.  Beberapa kuliner khas Kuningan di antaranya, Peuyeum Kuningan, Opak Bakar KARTIKA, Peuyeum, Jeruk Nipis Peras, Angling, Nasi Kasreng (Nasi Bungkus ciri Khas Luragung), Golono (Gorengan Khas Dari Luragung), Keripik Becak, Gaplek Luragung dan Raragudig, ketempling, rengginang.

Namun, bila Anda sedang berada di Kuningan dan ingin menjajal kuliner yang ada di sana, berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata kuliner di Kuningan.

1. Resto Grage Lanai
Tempat makan yang ngehits di kalangan wisatawan ini berada di Jln. Raya Sangkanhurip No.1. Area di sekitar restoran ini memiliki panorama indah. Tempatnya luas, kolam ikan yang besar, taman yang indah, suasana menyenangkan, pilihan tempat duduk yang banyak.

Terdapat  juga yang di gazebo lesehan sehingga sangat nyaman apabila membawa keluarga untuk makan di sini. Tidak hanya itu, fasilitas parkirannya juga besar, toilet cukup baik, pelayanan baik dan ramah. Menunya sendiri terdapat ikan bakar, sayur asem dan tahu goreng. Semuanya enak. Harga sesuai rasa dan tempat.

2. Kedai Tahu Kopeci   
Untuk mendapatkan tahu ini, tinggal meluncur ke Lamping, pertigaan sebelum pertanian dari arah Kota Kuningan. Tahu ini adalah khas Kuningan. Jika dibandingkan tahu Sumedang, tahu Lamping lebih berisi, tidak kopong. Kalau beli tahu Lamping, harus sabar antri, karena peminatnya banyak. Sekitar tahu Lamping banyak juga yang berjualan tahu. Tapi yang paling maknyus tetap tahu Lamping asli.

3. Rumah Makan Cipondok
Lokasinya Desa Cipondok. Bagi warga Kuningan. Selain memang menyajikan makanan khas, rumah makan ini juga menyajikan pemandangan pesawahan. Menu favorit dari rumah makan cipondok adalah olahan ikan guramenya. Alamatnya di Jl. Windujanten No. 75 Windujanten, Kuningan, Jawa Barat.

4. Dapur Bebek
Selain menyajikan menu olahan bebek yang maknyus, di sini juga tersedia mainan anak, bisa digunakan bagi anda yang membawa anak. Selain itu lahan parkir juga cukup luas tentu hal itu juga menjadi salah satu pertimbangan bagi anda yang akan menikmati enaknya hidangan dan olahan bebek. Alamatnya di Jl. Siliwangi No. 5 Purwawinangun, Kuningan, Jawa Barat.

5. Koecang dan Leupeut
Koecang dan leupeut sama-sama terbuat dari beras ketan. Jika leupeut ditambahkan kelapa dan campuran kacang kemudian dibungkus dengan daun kelapa, sedangkan koecang dicampur dengan sedikit air apu kemudian dibungkus menggunakan daun bambu.

6. Warung Bang Jack
Warung Bang Jack memiliki daya tarik lebih, karena menyajikan panorama alam yang sejuk dan juga pemandangan serta udara yang segar. Di sini juga tersedia fasilitas ruangan untuk acara meeting dan juga gathering, juga tersedia lesehan. Warung Bang Jack berloaksi di Jl Raya Cirebon Kuningan km 20,4, Caracas, Cilimus, Kab. Kuningan.

7. Surabi Ceu Nur
Lokasinya di daerah Pasapen, di Jalan Otista. Berjualan di pagi hari. Untung toping surabi bisa ditambaj kacang kedelai manis, tambahkan telor, tambahkan gula, tambahkan oncom dan lainnya.

8. Rumah Makan Lembah Ciremai
Inilah tempat wisata kuliner favorit wisatawan di Kuningan. Dengan tempat yang luas dan menyajikan pemandangan alami gunung ciremai, membuat rumah makan ini menjadi rumah makan terbaik dan favorit di kuningan. Lembah Ciremai menyajikan menu olahan masakan Indonesia. Menu andalannya adalah ayam bakar kampung. Terkadang, Lembah Ciremai Restaurant juga disewa untuk acara resepsi pernikahan. Karena, memang memiliki tempat yang luas. Lokasinya di Jl. Raya Kuningan-Cirebon Km. 4 Cibentang, Kuningan.

9. Rumah Makan Ayam Goreng Mang Bewok
Dengan menyajikan suasana alami dan penyajian tradisional tentu membuat anda semakin betah untuk makan di sini. Lokasinya Jl. Siliwangi, Cirendang, Kuningan.

10. Nasi Kasreng
Nasi kasreng merupakan makanan khas Kuningan. Banyak yang  menyuguhkan menu ini di Jalan Raya Luragunng, Cibingbin. Atau sekitar  30 menit perjalanan dari Kota Kuningan. Warung-warung yang berjajar di  wilayah Kecamatan Luragunng, memiliki atmosfer alam pesawahan. Serta berpadu dengan nikmatnya cita rasa bermacam-macam lauk pauk, seperti sambal,lalapan, gorengan, rebon, pepes, dan lain-lain.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS