Wisata Jabar

Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Beberapa Kota di Jawa Barat



Berikut ini beberapa lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di beberapa kota di Jawa Barat:

1. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Kota Bandung
Untuk di Bandung, perayaan malam tahun baru akan dipusatkan di Alun-Alun Bandung, Alun-Alun Cicendo, dan Alun-Alun Ujungberung.  Di kawasan tersebut akan digelar Car Free Night. Lokasi lainnya yang bakal jadi titik kumpul massa di antaranya di Jln. Dago, Lapangan Gasibu (Gedung Sate), Lapangan Tegallega, juga kegiatan meriah pun bakal berlangsung di hotel-hotel dan cafe-cafe di Bandung. Di area Gedung Sate bakal ada pergelaran Wayang Golek dengan dalang Dadan Sunandar Sunarya (Padepokan Putra Giri Harja 3).

Sementara untuk Jembatan Layang Pasupati tidak diperbolehkan untuk aktivitas pengumpulan massa malam menjelang tahun baru. Sedangkan di Kabupaten Bandung biasa digelar di dekat kompleks Pemkab Bandung di Soreang. Salah satu kegiatannya yakni ”Suruput Kopi, Kehangatan Sambut Tahun Baru 2018” yang digelar di Bale Rame Sabilulungan, Minggu 31 Desember 2017 mulai pukul 15.00. Kegiatan itu diisi konser budaya, parade kopi, seruput seribu cup kopi, dan pasosore edas.

Untuk Kabupaten Bandung Barat biasa digelar di Alun-Alun Lembang. Selain itu, beberapa tempat wisata, baik di Lembang maupun Ciwidey biasa menggelar acara perayaan malam tahun baru.


2.  Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Cimahi
Perayaan malam tahun baru dilakukan di lokasi tempat berkumpul masyarakat dan lokasi wisata. Perayaan Kota Cimahi banyak difokuskan di kawasan Alun-alun Kota Cimahi, kawasan wisata Lembang, hingga kawasan segitiga tol Padalarang-Kota Baru Parahyangan.

3. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Ciamis
Untuk pusat keramaian malam tahun baru 2018 di wilayah Tatar Galuh Ciamis, di antaranya Alun-alun dan Taman Rafflesia. Lokasi lainnya di Lapangan Lokasana yang jaraknya kurang dari satu kilometer dari pusat kota, kompleks Islamic Center Ciamis, termasuk kawasan Sirkuit BMX di Cigembor.

Lokasi lain yang bakal menjadi titik keramaian lain adalah objek wisata yang ada di wilayah Ciamis utara, di antaranya Situ Panjalu, Lapangan Kawali. Ada beberapa komunitas musik yang bakal tampil di Lapangan Lokasana. Pesta kembang api biasanya juga dilakukan spontan oleh masyarakat.

Sementara agenda tahun baru bakal dipusatkan di Tourist Information Center (TIC) yang berada di kawasan Islamic Center Ciamis. Selain mengumpulkan kalangan seniman, budayawan, dan elemen lain, akan tampil musik gamelan.

4. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Kota Bekasi
Khusus jelang pergantian tahun, lokasi sepanjang hampir satu kilometer mulai simpang Stadion Patriot Candrabhaga hingga flyover Summarecon Noer Alie akan ditutup dari lalu lalang kendaraan bermotor selama dua jam, mulai Minggu pukul 23.00 hingga Senin pukul 1.00. Di area ini, nantinya akan disiapkan panggung hiburan.

Sementara acara di depan kompleks perkantoran Pemerintah Kota Bekasi berupa kegiatan tasyakur yang diisi dengan sujud syukur bersama atas pencapaian sepanjang tahun 2017. Adapun di Summarecon Mal Bekasi juga menyiapkan sajian khusus untuk menutup 2017 dengan momen spesial yakni konser penyanyi Tulus. Acara pergantian tahun kini dipusatkan di area mal. Juga ada area hari bebas kendaraan atau Car Freee Day di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

5. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Subang
Perayaan malam tahun baru di Kota Nanas ini akan diadakan di Pamanukan di wilayah pantura, Subang Kota di wilayah tengah, dan objek wisata utamanya daerah Ciater wilayah selatan Kabupaten Subang. Untuk kawasan wisata Ciate akan ada pertunjukan di Panggung Ratu, Sunan Ambu, Dayang Sumbi Hall, dan disiapkan Panggung Utama di area parkir Kabayan. Kawasan wisata Sari Ater pun menyiapkan tiga panggung di tiga desa sekitar, yaitu Desa Nagrak, Palasari, dan Ciater. Panggung tersebut diisi berbagai acara hiburan termasuk doorprize.

6. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Sukabumi
Kegiatan perayaan malam tahun baru 2018 di Sukabumi bakal dipusatkan Lapangan Merdeka di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Adapun kegiatan yang diselenggarakan yakni Rampak Bedug yang akan diikuti 33 kecamatan dan semua Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD)  Pemkot Sukabumi.

7. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Tasikmalaya
Perayaan malam tahun baru 2018 bakal dipusatkan di pusat perkotaan Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, tepatnya di area Taman Kota Tasikmalaya. Bakal ada dua panggung yang disiapkan dalam gelaran Festival Seni Akhir Tahun 2017. Panggung pertama didirikan di area Jalan HZ Mustofa, Kecamatan Cihideung dan panggung kedua di Jalan Dr Soekardjo, Kecamatan Tawang.

8. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Purwakarta
Pemkab Purwakarta, akan menggelar pesta rakyat dan kembang api di berbagai lokasi. Salah satunya, di setiap alun-alun kecamatan. Pesta kembang api akan diadakan. Begitu pula dengan pesta rakyat. Adapun, di pesta rakyat ini, akan diisi dengan sejumlah hiburan kesenian tradisional.

Sementara untuk Taman Sri Baduga, pada malam pergantian tahun air mancur tidak beroperasi. Tetapi, area Situ Buleud bisa dipergunakan masyarakat untuk menikmati pergantian tahun.

9. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Garut
Perayaan malam tahun baru di kawasan Garut akan dipusatkan di Alun-Alun Garut. Pada malam tahun baru ini pun akan diberlakukan car free night (CFN) yang akan diberlakukan mulai pukul 18.00-01.00 WIB. Rekayasa penyekatan jalan akan dimulai dari Tarogong, Cimanuk, Papandayan.

10. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Sumedang
Perayaan malam tahun baru 2018 di Sumedang bakal dipusatkan di Alun-alun Sumedang dengan adanya Car Free Night (CFN). Sementara pihak Polres Sumedang mengeluarkan imbauan dan larangan berkonvoi di jalan raya pada malam pergantian tahun baru.

11. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Cirebon
Pada malam tahun baru 2018, Kota Cirebon menggelar pengajian dan zikir akbar di alun-alun Kejaksan. Zikir akbar tersebut diprediksi akan mengundang banyak massa. Untuk rekayasa lalu lintas, kendaraan yang datang dari arah Kabupaten khususnya Trusmi, akan dialihkan menuju Bypass Kedawung. Sementara, kendaraan dari arah Kedawung akan dialihkan ke arah Jalan Pemuda.

12. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Bogor
Pada malam tahun baru warga tidak boleh memarkirkan kendaraan seputaran Kujang dan Lawang Salapan yakni Jln. Pajajaran, dan Jln. Oto Iskandar Dinata. Selain di Tugu Kujang, larangan parkir juga berlaku di badan jalan atau aspal jalan seputar Lapangan Sempur yakni di Jln. Jalak Harupat, Jln. Salak, Jln. Halimun, dan Taman Kencana.

Pada malam perayaan tahun baru 2018, Polresta Bogor Kota sendiri tidak akan melakukan pengalihan dan penutupan arus lalu lintas di seputar Tugu Kujang. Sementara khusus di Lapangan Sempur, kendaraan roda empat atau lebih dilarang masuk ke kawasan tersebut mulai pukul 16.00 WIB, kecuali untuk warga setempat.

13. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Karawang
Perayaan malam Tahun Baru di Karawang akan dipusatkan di Galuh Mas, Karawang Barat dimana akan ada pertunjukan laser, pesta kembang api, dan pertunjukan sejumlah artis Ibu Kota (Kla Project, Rafika Duri, Tompi). Satu panggung besar rencananya bakal dibuat di bundaran Galuh Mas.

14. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Majalengka
Perayaan malam tahun baru 2018 di Majalengka akan berlangsung di kawasan Alun-alun Majalengka Di kawasan pusat kota ini, akan diberlakukan Car Free Night (CFN) yakni di kawasan Jalan Raya KH Abdul Halim. CFN tersebut akan diberlakukan sejak Minggu, 31 Desember 2017 mulai pukul 17.00 WIB hingga acara malam pergantian tahun baru 2018 selesai. Bagi yang bawa kendaraan, silakan parkir di zona biru yang disediakan pihak kepolisian.

15. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Kuningan
 Perayaan malam tahun 2018 akan dipusatkan di Lapangan Pandapa Paramartha. Di area ini bakal ada pertunjukan kembang api dan pagelaran musik dengan bintang tamu Saint Loco. Di kawasan ini pun akan diberlakukan Car Free Night (CFN) sepanjang Jalan Siliwangi hingga Jalan Gotong Royong.

Sebelum CFN, Jalan Siliwangi mulai dari lampu merah Cijoho hingga depan SMPN 1 Kuningan disiapkan sebagai tempat parkir kendaraan. Mulai pukul 19.30 akan mulai dibatasi kendaraan yang masuk dan pukul 21.00, Jalan Siliwangi benar-benar tidak ada kendaraan. Kantung parkir lain ada halaman kantor dinas di Jalan Aruji.

16. Lokasi perayaan malam tahun baru 2018 di Pangandaran
 Perayaan malam tahun 2018 akan pada 31 Desember 2017 malam akan digelar di Lapang Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran  Di area ini mulai pukul 20.00-23.00 WIB akan ada pagelaran kolaborasi musik etnik, pukul 23.00-23.40 WIB pertunjukan bintang tamu dari artis Ibu Kota, dan pukul 23.40-24.00 penyampaian pidato Bupati yang dilanjut pesta kembang api.

Tak kalah menarik, ribuan penari ronggeng akan pentas secara massal guna memecahkan rekor MURI dalm acara Gegap Gempita Penari Ronggeng  dimana 2.018 jawara ibing ronggeng gunung yang ada di Kabupaten Pangandaran akan memeriahkan event.