Wisata Jabar

Kampung Tajur, Destinasi Wisata Alam Pedesaan di Purwakarta




Gerak cepat Purwakarta dalam membenahi sektor wisata berbuah manis dan kini kota tetangga Bandung tersebut menjadi primadona wisatawan. Jumlah destinasi wisata di Purwakarta bertambah 13 selama dua tahun ini. Bahkan sepanjang tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan pun melonjak sekitar 4 juta traveler yang berkunjung ke Purwakarta. Purwakarta memang menyajikan aneka destinasi pilihan dari wisata alam, kuliner, seni budaya, event, hingga kampung wisata.

Salah satu desa wisata yang kini sedang jadi primadona di kalangan pelancong adalah kampung wisata Kampung Tajur di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong. Di sini, wisatawan bisa belajar khazanah kearifan lokal juga tentunya wisata edukasi. Kampung Tajur sendiri berada di lereng Gunung Burangrang dimana di sini hanya ada 40 rumah yang tertata dengan sangat rapi. Rumah-rumahnya pun berarsitektur khas Sunda berupa rumah panggung yang terbuat dari bahan bangunan kayu dan bambu‎ serta beratapkan ijuk.

Aktivitas wisata di Kampung Tajur
Di musim liburan seperti sekarang ini, wisata alam Kampung Tajur menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Saat berkunjung ke sini, pengunjung bisa menginap di homestay yang disediakan oleh penduduk. Pengunjung pun bisa merasakan beraktivitas di alam pedesaan dengan belajar bercocok tanam, membajak sawah, tanam padi, beternak, dan aktivitas masyarakat pilemburan lainnya.

Kalau mau, trekking ke puncak Gunung Burangrang juga bisa berangkat dari sini dengan dipandu warga sini. Karena jaraknya jauh, bisa menginap dan istirahat dulu di sini lalu menempuh 3-4 jam perjalanan ke puncak Gunung Burangrang. Setelah atau sebelum mendaki gunung, bisa ikut berbaur dengan warga di sini, ke sawah, ke ladang, ke hutan dan aktivitas perkampungan lainnya

Di Kampung Tajur pun, pengunjung bisa belajar membuat aneka anyaman berbahan dasar bambu, membuat gula aren, membuat penganan ringan dan belajar cara budidaya ternak. Kampung Tajur sendiri berada di atas ketinggian 900 meter dari permukaan laut. Suhu udara di kampung ini, antara 18-32 derajat celcius.

Rute ke Kampung Tajur
Adapun rute perjalanan menuju Kampung Tajur bisa dari Tol Cipularang - keluar Gerbang Tol Sadang / Jatiluhur - arah Wanayasa - melewati Situ Wanayasa - pertigaan jalan - lurus lalu belok ke kanan.  Dari pertigaan Wanayasa tadi, kurang lebih sekitar lima kilometer perjalanan menuju Kecamatan Bojong - pangkalan ojek - jalan kabupaten - Kantor Desa Pasanggrahan - di sebelah kiri jalan menuju Kampung Tajur.

Agar lebih memudahkan Anda menuju lokasi, silakan cari peta lokasi Kampung Tajur di Google Maps. Adapun untuk biaya menginap homestay di Kampung Tajur hanya Rp200.000 s.d. Rp300.000.

Kampung Tajur
Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kab. Purwakarta
Telepon: 0857-9446-8883
Facebook: /kampungtajur