Wisata Jabar

Event Perayaan Malam Tahun Baru 2018 di Kawasan Priangan Timur



Kawasan Priangan Timur yakni Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Pangandaran biasa jadi tempat destinasi wisata. Di momen liburan pada penghujung tahun 2017, aneka event menyambut tahun baru 2018 pun digelar di kota-kota tersebut. Berikut ini aneka event yang digelar dalam perayaan malam tahun baru di kota-kota yang ada di wilayah Priangan Timur.

1. Tasikmalaya
Anda bisa menikmati liburan ke Tasikmalaya dengan mengunjungi aneka tempat wisata alam, berburu kuliner, ataupun belanja aneka kerajinan khas Kota Santri ini. Selain itu, jangan lewatkan event perayaan malam tahun baru di kota ini.

Perayaan malam tahun baru 2018 bakal dipusatkan di pusat perkotaan Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya, tepatnya di area Taman Kota Tasikmalaya. Bakal ada dua panggung yang disiapkan dalam gelaran Festival Seni Akhir Tahun 2017.

Panggung pertama didirikan di area Jalan HZ Mustofa, Kecamatan Cihideung dan panggung kedua di Jalan Dr Soekardjo, Kecamatan Tawang.
Perayaan malam tahun baru di kawasan Garut akan dipusatkan di Alun-Alun Garut. Pada malam tahun baru ini pun akan diberlakukan car free night (CFN) yang akan diberlakukan mulai pukul 18.00-01.00 WIB. Rekayasa penyekatan jalan akan dimulai dari Tarogong, Cimanuk, Papandayan.

2. Garut
Perayaan malam tahun baru di kawasan Garut akan dipusatkan di Alun-Alun Garut. Pada malam tahun baru ini pun akan diberlakukan car free night (CFN) yang akan diberlakukan mulai pukul 18.00-01.00 WIB. Rekayasa penyekatan jalan akan dimulai dari Tarogong, Cimanuk, Papandayan.

3. Ciamis
Untuk pusat keramaian malam tahun baru 2018 di wilayah Tatar Galuh Ciamis, di antaranya Alun-alun dan Taman Rafflesia. Lokasi lainnya di Lapangan Lokasana yang jaraknya kurang dari satu kilometer dari pusat kota, kompleks Islamic Center Ciamis, termasuk kawasan Sirkuit BMX di Cigembor.

Lokasi lain yang bakal menjadi titik keramaian lain adalah objek wisata yang ada di wilayah Ciamis utara, di antaranya Situ Panjalu, Lapangan Kawali. Ada beberapa komunitas musik yang bakal tampil di Lapangan Lokasana. Pesta kembang api biasanya juga dilakukan spontan oleh masyarakat.

Sementara agenda tahun baru bakal dipusatkan di Tourist Information Center (TIC) yang berada di kawasan Islamic Center Ciamis. Selain mengumpulkan kalangan seniman, budayawan, dan elemen lain, akan tampil musik gamelan.

4. Pangandaran
 Perayaan malam tahun 2018 akan pada 31 Desember 2017 malam akan digelar di Lapang Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran  Di area ini mulai pukul 20.00-23.00 WIB akan ada pagelaran kolaborasi musik etnik, pukul 23.00-23.40 WIB pertunjukan bintang tamu dari artis Ibu Kota, dan pukul 23.40-24.00 penyampaian pidato Bupati yang dilanjut pesta kembang api.

Tak kalah menarik, ribuan penari ronggeng akan pentas secara massal guna memecahkan rekor MURI dalm acara Gegap Gempita Penari Ronggeng  dimana 2.018 jawara ibing ronggeng gunung yang ada di Kabupaten Pangandaran akan memeriahkan event.