Wisata Jabar

Panorama Cikondang, Wisata Alam Kekinian di Sukabumi




Wisata alam di Sukabumi memang tiada duanya. Sukabumi memiliki pesona alam pegunungan hingga pantai. Salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang kini mulai ngehits adalah Panorama Cikondang. Wisata alam di Kampung Cikondang, Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi.

Panorama Cikondang memang belum setenar tempat-tempat wisata lainnya. Namun upaya Karang Taruna dan Kelompok Penggerak Wisata (Kompepar) setempat layak diacungi jempol dalam membenahi dan mempromosikan kawasan wisata alam ini. Pembenahan yang dilakukan di Panorama Cikondang membuat tempat wisata ini semakin menarik perhatian para pelancong.

Berada di kawasan pedesaan,  Panorama Cikondang menyajikan wisata air terjun juga wisata panjatntebing. Berada di dua aliran Sungai Cisereh, dan Sungai Cisuru, dengan air jernih serta bersih, mengapit bukit juga sawah terasering menjadi panorama keindahan tersendiri, dari puncak Cikondang.

Pengunjung pun bisa memandang jelas ke puncak Punung Patat, Kecamatan Kalibunder. Adapun bagi yang ingin menjajal adrenalin dengan olahraga panjat tebing, bisa mencoba menaiki tebing dengan pilihan ketinggian 300, 400, dan 500 meter.

Adapun untuk akses ke Panorama Cikondang, bila dari jakarta bisa masuk ke  arah Bogor - Cikidang atau via Cibadak keluar di Palabuhanratu lalu masuk Jembatan Kuning Bagbagan lanjut ke Simpenan- Kiara Dua 0 Waluran lalu Alun-Alun Jampangkulon.

Dari Alun-Alun Jampangkulon belok Kiri samping Alfamart arah ke Cimanggu. Lalu lurus sekitar 5 km ke arah Kantor Kecamatan Cimanggu atau Kantor Desa Cimanggu (bersebelahan dengan Alfamart Cimanggu). Lalu, belok kiri lanjut sekitar 1,5 km menuju lokasi Panorama Cikondang.