Wisata Jabar

Pokland Haurwangi, Wana Wisata Ngehits di Cianjur




Wana Wisata Pokland Haurwangi berlokasi di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Wana wisata yang sedang ngehits ini  berada di kawasan Perum Perhutani KPH Cianjur, BKPH Ciranjang Selatan, RPH Bojongpicung dengan luas sekitar 30 hektare. Wana Wisata Pokland menampilkan pemandangan yang sangat menarik dan memesona dengan berbagai latar belakang di antaranya:
- Latar belakang Tempat Pengumpulan Kayu Pongpoklandak
- Hutan pinus dan yang lebih menarik lagi dengan latar belakang tanaman Sorgum dengan hamparan lebih dari 20 hektare. Inilah spot buat pengunjung nyantai di atas hammock alias ayunan dengan biaya sewa Rp10.000. Pengunjung pun bisa menjajal naik kuda dengan biaya sewa Rp20.000-an.
- Sungai Citarum, perbukitan serta pegunungan nan menghijau jauh memandang antara batas Cianjur dan Bandung Barat. Tempatnya memang persis berada di pinggir jalan lama Citarum yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat.

Di dalam Wana Wisata Pokland Haurwangi  sudah berdiri tempat bumi perkemahan, sarana tempat motocros, sepeda trail/downhill, garden party, glamping, rumah pohon, tempat bermain anak, dan camping ground, dan fasilitas lainnya. Dan yang pasti, tempat cocok banget buat pasangan yang ingin mengabadikan kisah kasih mereka dengan berfoto di spot "cinta". Namun, bagi pengunjung  pun banyak spot dengan latar menarik untuk berselfie ria.

Wana Wisata Pokland dulunya adalah pusat persemaian berbagai jenis kayu untuk kebutuhan bibit kayu KPH Cianjur, karena perkembangan dan jauhnya jarak angkut persemaiannya, dipisah jadi masing-masing wilayah dan persemaian Pokland tidak dipergunakan kembali.

Di area wana wisata ini sedang dikembangkan dengan dibangun fasilitas penunjang lainnya, seperti kolam renang, Bumi Perkemahan (Buper), flying fox, kereta gantung, sirkuit motorcros, perhotelan, rumah pohon dan tempat menarik lainnya. Di kawasan ini pun cocok untuk tempat resepsi pernikahan dengan tema garden party.

Dalam pengembangan, Wana wisata Pokland dilaksanakan dengan kerja sama antara Perhutani itu sendiri dengan pihak  Pemerintahan Desa Haurwangi dan  Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa setempat. Untuk tiket masuknya hanya Rp6000 dengan biaya parkir gratis. Tempat ini buka dari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Lokasi Wana Wisata Pokland, sangat mudah dijangkau karena berada pada jalur Jalan Citarum Lama/samping Jalan Tol Citarum Cianjur - Bandung. Untuk rute ke lokasi, silakan lihat peta Google Maps yang ada di bawah ini. Namanya sih seperti kebarat-baratan, padahal Pokland sendiri diambil dari kependekan nama kampung "Pongpok Landak".

share to whatsapp