Wisata Jabar

Wisata Hutan Pinus Pasir Langlang Panyawangan, Purwakarta




Area wanawisata ini bila dibandingkan dengan kawasan wisata di Bandung, seperti di kawasan Tahura Dago atau di kawasan hutan pinus Batu Kuda, Gunung Manglayang (Bandung Timur). Hutan pinus di Pasir Langlang Panyawangan cukup eksotik dengan pemandangan alam di sekitarnya. Ketika Anda berkunjung ke wanawisata ini, kesejukan dan kesegaran alam akan langsung membuai.

Selama ini, lokasi wisata ini oleh masyarakat setempat disebut dengan Ujung Aspal. Kini, wisata alam Pasir Langlang Panyawangan banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota, seperti daeri Kuningan, Indramayu, Bekasi, dan Purwakarta. Untuk masuk ke tempat wisata ini, HTM hanya Rp5000. Sementara untuk berkemah dikenakan retribuasi Rp10.000.

Wisata camping dan santai dengan hammock
Dan bila ingin camping tanpa repot bawa tenda, matras, sleeping bag, alat masak, juga sewa pemandu hanya dikenakan harga paket Rp330.000. Untuk sewa hammock hanya Rp15.000. Untuk fasilitas umum terbilang lengkap, dari area parkir, mushala, warung-warung makan, hingga toilet.

Hutan pinus Pasir Langlang Panyawangan terletak di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Persisnya sekitar 5 kilometer dari arah Jalan Raya Cagak–Wanayasa (Legok Barong). Objek wisata rintisan ini berada di kawasan hutan Perum Perhutani, tepatnya RPH Wanayasa, BKPH Cisalak, KPH Bandung Utara. Objek wisata ini dikelola kerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Pusaka

Kawasan wisata ini diresmikan pada tanggal 23 Maret 2016 oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Hutan pinus Pasir Langlang  cocok untuk wisata keluarga di alam terbuka. Di kawasan ini pun biasa jadi tempat kunjungan anak-anak muda yang ingin berfoto-foto ria. Sementara fasilitas kegiatan lain yang ditawarkan ada trekking, outbound, camping, pengamatan burung, hingga hunting foto.

Sementara sajian wisata alam lainnya yang ada di kawasan ini ada Curug Pamoyanan (berjarak kurang lebih 600 meter dari area camping). Ada pula jejak peninggalan sejarah yakni Goa Jepang (Guha Panyileukan). Dan kurang lebih 1 km dari tempat camping ada Curug Manah Rasa.

Akses dan rute ke Hutan pinus Pasir Langlang Panyawangan
Untuk aksesnya, dari Situ Wanayasa kurang lebih 4 km dengan medan ke lokasi yang lumayan menanjak. Dari Situ Wanayasa melewati pasar sampai ke arah gapura Desa Pusaka Mulya di Kiarapedes. Dari sana, lurus mengikuti jalan besar hingga menemukan petunjuk jalan menuju Wanawisata Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta. Bagi yang suka menggowes naik sepeda, bisa juga menjajal menuju tempat wisata nan sejuk dan indah di Purwakarta ini.