Wisata Jabar

Inilah Harga Sewa Bus Wisata Bandros Bandung 2018



Bandung Tour on The Bus (Bandros) adalah bus tingkat di Kota Bandung yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung. Bus ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014. Bus wisata ini melayani para wisatawan di kota Bandung secara berombongan.

Pada Selasa, 13 Februari 2018, telah digelar peluncuran layanan lima koridor bus Bandros. Bus Bandros berkapasitas 16 penumpang ini akan beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya. Terdapat dua jenis layanan, tiket Rp 20.000 untuk sekali perjalanan, dan tarif Rp 40.000 untuk perjalanan seharian lintas rute (multiple trip/one day pass).

Sementara untuk tiket Bandros bisa dibeli langsung di atas bus Bandros. Namun, keberangkatan hanya tersedia di halte utama dan penghubung seperti: Gasibu, Balai Kota Bandung, Alun-Alun Bandung, Teras Cikapundung, M Square Cibaduyut, Cihampelas Walk (Ciwalk), Alun-Alun Cicendo, Taman Cibeunying, Kampus Universitas Pendidikan Indonesa (UPI) Bandung, Alun-Alun Ujungberung, GOR Arcamanik, Forest Walk Babakan Siliwangi, China Town, Alun-Alun Regol (Pasirluyu).

Rute bus Bandros yang melayani lima koridor ini masing-masing dilayani dua bus, sehingga total menggunakan 10 bus dari 12 Bandros baru hasil pengadaan dari APBD. Untuk dua bus baru dikhususkan bagi perjalanan VIP. Adapun Bandros sistem sewa masih mengandalkan enam bus lama hasil bantuan perusahaan (CSR).

Dari hasil uji rute sebelumnya, waktu tempuh dalam satu perjalanan per koridor juga telah dihitung. Jika wisata bus Bandros dijalankan selama 8 jam, diperkirakan akan ada empat perjalanan per hari.