Wisata Jabar

Wisata Curug Cipamingkis yang Makin Ngehits di Medsos




Paduan keindahan alam nan hijau dan air terjun eksotis di kawasan Jonggol, Kab. Bogor ini kian menarik perhatian wisatawan. Nama Curug Cipamingkis kini semakin instragamable di kalangan netizen. Lokasi wisata di Bogor ini biasa ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Lokasi Curug Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor sekitar 60 km perjalanan dari Ibu Kota.

Air terjun Cipamingkis berada di lembah perbukitan Cipamingkis. Ketinggian Curug Cipamingkis sekitar 25 meter. Spot curug yang ada di kawasan hutan ini dikelola oleh KPH Perhutani Bogor. Beberapa fasilitas yang ada di sini  ada camping ground, taman batu (stone garden), rumah pohon, taman Bratayudha, perahu asmara, dan air mancur yang berada di depan gerbang utama. Di dekat sini pun ada air terjun lain yaitu Curug Ciherang yang berjarak kurang lebih 800 meter dari Curug Cipamingkis.

Tarif masuk Curug Cipamingkis
Untuk biaya masuk ke Curug Cipamingkis yang berada di area 16,50 hektare ini hanya dikenakan tarif retribusi Rp10.000. Sedangkan biaya tambahan hanya retribusi dari Perhutani sebesar Rp3000, tarif parkir motor Rp2.000, dan tarif parkir mobil Rp4.000.

Seperti tempat wisata alam lainnya di Jawa Barat, Curug Cipamingkis juga punya mitos tertentu yakni memiliki khasiat membuat orang cepat mendapat jodoh jika mandi tepat di bawah kucuran air terjun. Selain itu, di sini pun ada kepercayaan yang dianggap mistis. Katanya di area air terjun sering muncul penampakan makhluk halus berbentuk ular naga dengan kepala seorang perempuan cantik. Namun kisah mitos dan cerita mistis tersebut tak menyurutkan para pengunjung menyambangi tempat wisata alam nan indah ini.

Rute ke Curug Cipamingkis
Aksesisibilas ke wisata air terjun ini juga terbilang mudah. Untuk mencapai lokasi ini, ada tiga jalur yang bisa dilalui para pelancong, yakni:
1. Jalur Cibinong-Sentul-Babakanmadang-Sukamakmur (jarak sekitar 40 kilometer).
2. Jalur melalui Bekasi-Jonggol-Sukamakmur.
3. Jalur dari Cianjur-Hanjawar-Loji-Sukamakmur (jarak sekitar 17,5 kilometer)

Untuk rute yang biasa digunakan bisa melalui Jln. Raya Jonggol-Cariu - jalur Cibubur/Taman Buah Mekar Sari - arah Cianjur - arah Polsek Jonggol- arah Dayeuh - lurus sampai pertigaan - Kota Bunga/Sentu -  arah pertigaan - Gunung Batu/Curug Cipamingkis - ambil kanan ke arah Curug Cipamingkis - dari pertigaan lokasi curug sekitar 4,8 km.