Wisata Jabar

Wisata Belanja dan Jalan-Jalan di Teras Cihampelas




Biarlah mertua makin ganas, biarlah pulsa makin memelas, yang penting happy di Teras Cihampelas  #Bandung #Happy #TerasCihampelas,  itulah kata-kata yang tertulis di bawah frame untuk selfie yang bentuknya mirip dengan postingan Instagram. Frame tersebut merupakan salah satu spot yang banyak dijadikan tempat berfoto para pengunjung. Beberapa fasilitas lainnya juga dihadirkan di Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas. Inilah tempat wisata belanja dan jalan-jalan baru yang jadi primadona di Bandung.

Kios suvenir dan kuliner
Beberapa fasilitas lain yang ada di Teras Cihampelas di antaranya kios-kios para pedagang yang dibikin warna-warni. Inilah salah satu solusi yang diberikan Pemkot Bandung bagi para pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini biasa mangkal di sepanjang jalur Jln. Cihampelas. Kios-kios tersebut menjual produk kaos, suvenir, hingga aneka kuliner. Untuk kios kuliner terlihat lebih besar dibandung kios yang menjual pernak-pernik khas Bandung.

Di atas jembatan pejalan kaki yang membentang di Jln. Cihampelas tersebut ada 192 pedagang terdaftar dan berhak pindah dari Cihampelas bawah ke kios skywalk. Proses perpindahan pedagang sendiri dilakukan 2 hari, yaitu hari Selasa dan Rabu (02-03/02/2017). Pada Kamis, (04/02/2017) para pengunjung sudah bisa membeli produk-produk Bandung di Teras Cihampelas.

Jalur hijau
Fasilitas lain yang ada di Teras Cihampelas dengan adanya jalur hijau berupa tanaman tanaman kecil yang berada di kedua sisi jembatan. Untuk para pengunjung bersantai sejenak ada fasiltas tempat duduk. Fasilitas tambahan lainnya ada toilet, PJU, dan pos security. Meski berada di atas jalan, pengunjung jangan khawatir tersengat terik matahari sebab jembatan tersebut dipenuhi pepohonan rimbun.

Sebagai tips untuk mengunjungi Teras Cihampelas saat musim hujan, wayahna pengunjung bawa payung. Begitu pula untuk parkir, silakan cari parkiran yang pas di sekitar Teras Cihampelas karena urusan ketersediaan lokasi parkir agak susah.

Jembatan pedestrian Teras Cihampelas membentang sepanjang 450 meter dengan lebar 9 meter dan tinggi 4,6 meter di atas jalan raya Cihampelas. Adapun material yang digunakan dalam pembangunan konstruksi jembatan Teras Cihampelas adalah besi baj‎a jenis H-Beam.

Terintegrasi
Sementara untuk lantai sebagian menggunakan kayu,  keramik, beton hingga granit. Per meter persegi bisa menahan berat beban hingga 300 orang. Jembatan pedestrian ini dibangun mulai arah RS Advent hingga Hotel Promenade. Teras Cihampelas pertama kali dibangun pada pertengahan September 2016. Pembangunan Teras Cihampelas seharusnya ditargetkan rampung akhir Desember 2016. Namun, karena banyak kendala, proyek tersebut molor hingga Januari 2017.

Proyek Teras Cihampelas dikerjakan oleh PT Likatama Graha Mandiri. Teras Cihampelas dibangun dengan dana APBN 2016 sebesar Rp 48 miliar. Dan pada 2017 ini, Pemkot Bandung berencana mengeluarkan dana Rp 30 miliar dari APBD untuk melanjutkan jembatan pedestrian hingga ke Jalan Pasupati. Juga ada rencana mengintegrasikan Teras Cikapundung dengan salah satu halte cable car.