Wisata Jabar

Sinetron Kampung Kendang, Sketsa Kehidupan Sosial Pilemburan





Tayang perdana pas hari Pilkada serentak, Rabu, 15 Februari 2017, sinetron komedi (sitkom) Kampung Kendang sajikan kisah khas pilemburan. Reuni trio personel P Project yakni Daan Aria (Arya), Joe (Juhana), Iang Darmawan (Darma) menjadi pelipur kerinduan pada akting ketiganya yang pernah menjadi primadona di era '90an dalam acara komedi reguler berupa lagu dan sketsa parodi di SCTV.

Diramaikan eks para pemain sinetron Preman Pensiun
Begitu pula hadirnya pemain-pemain sinetron Preman Pensiun seperti Vina Ferina, Sandi Tile, Abenk Marco, Pangeran Tyson, Ridwan Anugrah, Resti Wulandari, dan lainnya. Pemain lain yang hadir dalam sinetron ini ada komedian Sunda Ceu Popon 'Simpang 5'/Sasagon. Uniknya, talent sinetron ini pun diisi para pemain lokal alias penduduk setempat.

Sementara, sebagian besar kru pun adalah yang menggarap sinetron Preman Pensiun. Nuansa khas Sunda dengan interaksi sosial dan latar pemandangan alam di Garut ini menjadi daya tarik sinetron yang supervisornya Aris Nugraha (penulis dan sutradara sinetron Preman Pensiun).

Sinetron ini di sisi lain menjadi media promosi dalam bidang wisata di Garut. Apalagi, bukan hanya mengangkat keindahan alam pilemburannya, namun kuliner, spot-spot wisata, kampus Uniga, kerajinan, hingga domba Garut pun turut dihadirkan di sinetron ini.

Sinetron yang disutradarai Fabian Riza ini bisa disaksikan setiap Senin-Jumat pukul 19.00 WIB di MNCTV. Sinetron kemdi ini mengusung konsep persahabatan, percintaan, masalah, juga konflik antar tetangga di sana. Pada penayangan perdananya, beberapa pemain dan sutradara berkumpul dengan menggelar acara nonton bareng di kawasan Bekasi Selatan.

Beberapa yang hadir dalam acara nonton bareng tayangan perdana ini, di antaranya sutradara Fabian Riza, Joe, Iyang, Daan 'P Project', Aiman Ricky, Vina Ferina, Henny Yuliani, Jihan Lifa, Ristianty Rizkia, Fauzi Syaputra, dan Diva Nisrina.

Sketsa sosial dengan latar pilemburan
Bagi urang Jabar, kisah sinetron berbalut kehidupan masyarakat di pilemburan ini menjadi hiburan tersendiri. Tingkah laku para tokoh, logat bahasa, dan penggambaran alam di Priangan Timur menjadikan sinetron ini Sunda pisan. Para tokoh digambarkan dengan sisi khas urang lemburnya, dari sosok petani, Hansip, buruh tani, tukang pupuk, hingga penjaga warung. Sisi lain yang diangkat dalam sinetron ini adalah keindahan alam di Kab. Garut.

Sinetron bergenre drama komedi ini melibatkan warga lokal untuk menjual sisi natural dari desa tersebut. Campur kode penggunaan bahasa Sunda dalam dialog-dialognya pun kian mengentalkan unsur khas pilemburan. Selain itu, sinetron produksi MNC Pictures ini pun menyajikan keindahan suasana khas desa di Garut. Dalam tayangan perdana, pengenalan dan karakter tokoh-tokoh mulai terlihat dengan interaksi masing-masing.

Sinopsis sinetron Kampung Kendang
Kisah ketiga personel P Project terlihat saat tokoh Juhana (Joe) dan Darma (Iang Darmawan) yang selalu bertengkar karena latar belakang persaingan bisnis hasil tani. Adapun Arya (Daan Arya) yang berprofesi penjual pupuk, biasa jadi penengah penengah saat Juhana dan Darma berseteru.

Masalah kedua semakin pelik kala anak dari Joe dan Iang saling jatuh cinta. Seperti halnya sinetron-sinetron garapan Aris Nugraha, Kampung Kendang pun menyajikan banyak tokoh yang masing-masing punya karakter khas yang tak bikin penonton bosan.


INFO TERKAIT LAINNYA: