Wisata Jabar

Pantai Santolo, Destinasi Wisata Favorit di Musim Liburan





Pantai Santolo masih menjadi primadona para wisatawan dalam menghabiskan masa liburan. Seperti saat tim wisatajabar.com mengunjungi destinasi wisata pantai ini pada liburan Hari Raya Imlek (28-29/01/2017 yang kebetulan saat long weekeend. Terlihat para wisatawan dari berbagai daerah tumpah ruah mengunjungi pantai nan eksotik di Garut Selatan ini.

Untuk menyambangi tempat wisata ini bisa juga menjajal dengan touring motor. Jalur favorit wisatawan yang touring dari Bandung adalah lewat Bandung Selatan (Pangalengan). Namun, harus tetap berhati-hati dalam perjalanan karena rutenya lumayan menantang dengan banyak tanjakan, turunan, dan kelokan. Pastikan Anda dan motor Anda dalam kondisi prima.

Rute ke Pantai Santolo
Pantai Santolo terletak di wilayah Kecamatan Cikelet Garut dan persisnya terletak lebih dekat ke arah Pameungpeuk. Jarak dari pusat kota Garut kurang lebih 88 KM. Sarana jalan menuju lokasi pantai dari Garut terbilang mulus. Bila berangkat dari Bandung bisa lewat jalur alternatif ke arah selatan: Bandung - Banjaran - Pangalengan (Cukul) - Rancabuaya - Santolo.

Atau bisa lewat Ciwidey - Cidaun - Santolo. Jalur lainnya bisa melalui lintas selatan yakni lewat Garut Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik angkutan Elf dari Garut Kota jurusan Terminal Guntur - Pameungpeuk. Kemudian disambung dengan angkutan desa ke Pantai Pameungpeuk

Di kawasan ini pun terdapat satu tempat yang disebut dengan Pulau Santolo yang dahulunya merupakan dermaga perahu pada zaman penjajahan yang saat ini dapat dikunjungi. Pulau ini sebetulnya termasuk dalam area Pantai Sayang Heulang. Pulau ini hanya dipisahkan oleh sungai kecil yang menjadi muara dan pelabuhan para nelayan di Pantai Sanolo.

Para wisatawan lebih banyak yang mengetahui bahwa untuk masuk ke pulau tersebut lewat Pantai Santolo. Maka tak heran bila biaya untuk masuk pun berlipat dari biaya masuk Pantai Santolo, biaya naik perahu, biaya masuk, dan biaya parkir. Untuk lebih menekan biaya, sebenarnya bisa masuk dari arah Pantai Sayangheulang dimana hanya dikenakan biaya portal saja.

Santolo menawarkan pantai dengan hamparan pasir putih mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu, ada beberapa pendukung sehingga Pantai Santolo menjadi rekomendasi para wisatawan seperti fasilitas banana boat, donat boat, berlayar dengan perahu, dan sentra belanja souvenir khas pantai. Untuk fasilitas memang lebih lengkap Pantai Santolo dibanding Pantai Sayangheulang, salah satunya dalam urusan kuliner.

Kawasan ini diapit Tempat Pelelangan Ikan (TPI) karena mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Spot wisata menarik lainnya ada pula Cilauteureun dan Sayang Heulang yang menjadi rujukan pula para pengunjung. Tidak jauh dari pantai ini berdiri area Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Lanud latihan TNI Angkatan Udara, dan penginapan-penginapan.

Rekomendasi penginapan di Pantai Santolo
Ada pun penginapan di kawasan Curugan yang berada tak jauh dari pantai Santolo bisa menjadi pilihan beristirahat selama mengunjungi Pantai Santolo. Penginapan kawasan ini biasanya menawarkan harga mulai dari Rp. 300.000/malam.

Salah satu penginapan yang bisa Anda pilih ada Penginapan Bailah. Penginapan Bailah merupakan salah satu penginapan yang berada tak jauh dari Pantai Santolo. Penginapan ini memiliki enam kamar dengan beberapa menu andalan diantaranya cumi, ikan bakar, (tongkol, kakap, salmon) dan jajanan lainnya dengan harga mulai dari Rp25.000. Ada pun alamat lengkapnya di Kampung Santolo/Solokon Waru, Desa Pamalayang, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut 0853-2327-5482 (Ibu Entat).


INFO TERKAIT LAINNYA: