Wisata Jabar

Potensi Wisata Seni Budaya dan Situs Sejarah di Kab. Ciamis





Kabupaten Ciamis sebetulnya memilik potensi untuk bisa dikembangkan menjadi kota wisata alternatif.Dulu, Ciamis identik dengan wisata Pantai Pangandaran. Namun setelah Pangandaran berpisah menjadi kabupaten sendiri, pengembangan sektor wisata pun menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah, masyarakat, hingga para pelaku usaha dan investor bidang wisata. Dan salah satu yang menjadi daya tarik Ciamis adalah wisata seni budaya juga sejarah.

Kabupaten Ciamis memiliki ragam tempat wisata (sejarah, alam maupun religi), kerajinan, kuliner, desa wisata, hingga seni budaya. Sebut saja ada: Kampung Kuta, Astana Gede Kawali, Situs Tambaksari, Situs Kertabumi, batik Ciamis, Situs Karang Kamulyan, Situs Pangcalikan Gunung Padang, Situs Jambansari, Keramat Kuning Lakbok, Ronggeng Amen, Ronggeng Gunung, Gondang Buhun, Museum Nyamuk, hingga Museum Tambaksari. Belum lagi dengan aneka kegiatan berbasis seni budaya seperti upacara Nyangku maupun Nyiar Lumar juga warisan folklore setempat, berupa adat istiadat hingga cerita rakyat yang masih berkembang hingga kini.

Untuk mewujudkan Kab. Ciamis dalam pemberdayaan masyarakat berbasis potensi wilayah dengan konsep kemitraan memang diperlukan langkah-langkah strategis. Pihak pemerintah daerah Kab. Ciamis pun mencari formula untuk mengola potensi yang bisa ditawarkan kepada wisatawan, investor, hingga lembaga dan perusahaan agar Kab. Ciamis memiliki andalan destinasi sektor wisata yang menjadi brand image sendiri. Pelaksanaan program ini menyangkut konsep yang terarah sekaligus bisa menjembatani masyarakat untuk diberdayakan tanpa mengganggu aspek kearifan lokal (local genius) masyarakat yang sudah mengakar.

Paduan Wisata Bihari dan Wisata Kiwari
Menangkap peluang tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis mencanangkan program wisata budaya kiwari (masa kini) dan bihari (zaman dulu). Program tersebut akan segera direalisasikan melalui dukungan Pemerintahan Daerah dan masyarakat Ciamis.

Konten-konten kebudayaan dan cikal bakal sejarah Galuh yang melegenda  menjadi sajian tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke Ciamis. Peninggalan sejarah, seni budaya, juga event-event berbasis lokal di Ciamis bisa dipadukan dengan konsep wisata modren di dalamnya yang didirikan berdampingan.