Wisata Jabar

Pesona Curug Ciparay, Cigalontang, Kab. Tasikmalaya




Air terjun ini dikenal dengan sebutan Curug Ciparay, Curug Dua Ciparay, atau Curug Kembar Ciparay. Memang, di sini ada dua aliran air terjun yang bersebelahan. Curug dengan sajian yang eksotis dan debit air yang lumayan besar banyak menarik para wisatawan lokal dari Tasikmalaya sendiri maupun pelancong dari luar. Akses ke curug ini bisa ditempuh sekitar dua jam dari pusat Kota Tasikmalaya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter.

Lokasi curug ini tepatnya berada di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati pesona alam luar biasa dengan sajian suara gemuruh air terjun di tengah hijaunya hutan. Bagi yang ingin memotret keindahan di pegunungan sambil menikmati pesona air terjun ada spot khusus yang terbuat dari bambu.

Curug yang ketinggian sekitar 75 m dan 55 m ini berada di wilayah BKPH Singaparna dan KPH Tasikmalaya. Sementara aliran air terjun yang pertama memiliki debit air yang sangat besar dan curug kedua debit airnya terbilang kecil. Di curug pertama, para pengunjung bisa menikmati sensasi melihat jatuhan air terjun yang deras. Sementara di bawah jatuhan air terjun yang kedua terdapat karena kolam penampungan khusus untuk berenang pengunjung. Untuk menuju aliran kedua, pengunjung harus menyeberangi sungai yang agak dalam.

Rute ke Curug Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang
Untuk akses ke tempat ini jalannya terbilang sempit dan agak menantang. Lokasinya sendiri kurang lebih 30 km dari pusat kota Tasikmalaya. Untuk menuju tempat wanawisata ini dapat diakses dari Singaparna menuju ke arah Sariwangi lanjut ke Desa Cidugaleun. Jarak lokasi curug dari Singaparna sekitar 25 dan 6 km dari Kecamatan Sariwangi.

Sementara kondisi jalan dari Sariwangi dan Singaparna terbilang bagus dengan jalan yang beraspal. Namun, beberapa untuk akses ke arah curug jalannya terbilang menantang dengan tanjakan dan kondisi jalan yang kurang mulus. Peta lokasi Curug Ciparay lihat di sini. Bagi Anda yang senang touring motor atau ngagowes dengan sepeda, bisa menjajal menyambangi tempat wisata air terjun nan eksotis di Tasikmalaya ini.

Bila Anda ingin ke tempat wisata alam ini bisa dari dari bundaran Singaparna - ke arah utara ke Gunung Galunggung menuju Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang. Untuk angkutan umum naik angdes warna kuning sampai daerah Cidugaleun (sekitar 8,7 km dari Kampung Parentas).

Dari pemberhentian terakhir angkutan perdesaan, dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek. Disarankan untuk naik ojek saja biar tidak terlalu menguras tenaga Anda. Selanjutnya, pengunjung berjalan kaki sekitar 2 km melewati jalan setapak menuju Curug Ciparay.