Wisata Jabar

Memandang Keindahan Lanskap Garut dari Lapangan Golf Ngamplang





Jika Anda ingin merasakan pesona keindahan lanskap alam Garut yang sebenarnya, Ngamplang adalah spot utama untuk memandang sabudeureun (seputaran) alam Garut dari ketinggian. Dalam Kamus Basa Sunda R. Satjadibrata, "ngamplang" mempunyai arti 'tumerap kana naon-naon nu lega sarta rata' (berhubungan dengan keadaan lokasi yang luas serta rata).

Dan memang Ngamplang di Garut ini menyajikan suasana yang luas dan rata. Ngamplang berada di Jln. Raya Tasikmalaya km 7, Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut (kurang lebih 4 km dari Garut kota). Kendaraan umum ke arah sini bisa naik angkot Garut - Cilawu atau bus Bandung - Tasikmalaya. Lokasi wisata alam ini kini biasa dijadikan tempat wisata keluarga, spot foto prewedding, foto selfie para remaja, dan kegiatan lainnya.

Pernah Jadi Tempat Menginap Pesohor Dunia
Ngamplang merupakan lapangan Golf Course Flamboyan yang terhampar luas dengan rumput nan hijau dengan dihiasi berbagai pohon besar khas pegunungan. Inilah tempat yang dahulu pernah menjadi persinggahan orang-orang tenar di zamannya. Zaman kolonial, di kawasan ini pernah berdiri hotel yang pernah dikunjungi para pesohor dunia. Tercatat aktor komedi Charlie Chaplin pernah menginap di Hotel Ngamplang.

Ia berangkat dari Bandung dengan kereta api ke Stasiun Cibatu, kemudian mengunjungi tempat wisata Situ Bagendit dan Cipanas. Lepas itu, pesohor dunia tersebut kemudian menginap di Hotel Ngamplang dan meneruskan perjalanan jelajah alam ke Gunung Papandayan. Tokoh dunia lain yang pernah singgah di Ngamplang Ratu Belanda dan Perdana Menteri Prancis.

Dan konon julukan Swiss van Java pun lahir dari Charlie Chaplin saat menginap di Ngamplang. Melihat pemandangan alam Garut dari ketinggian, sang aktor langsung teringat tempat tinggalnya di Swiss. Ia merasakan bahwa Garut yang dikelilingi pegunungan dengan pemandangan alam tiada duanya adalah duplikat dari Swiss yang sama memiliki pola alam seperti Garut.

Pesona Lanskap Garut dari Ketinggian
Jika langit sedang cerah, dari ketinggan Ngamplang, pengunjung bisa melihat pesona alam Garut, dari pemandangan Sungai Cimanuk bak ular yang sedang ngaleor (merayap) membelah Kota Garut. Tetengger alam lainnya pun ikut melingkupi kota Garut, dari Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Talaga Bodas, hingga gunung yang berbentuk piramida yakni Gunung Sadahurip.

Kini, Ngamplang dikenal sebagai salah satu tempat bermain golf yang banyak didatangi wisatawan lokal juga mancanegara. Di sinilah Lapangan Golf Flamboyan Ngamplang berada. Lapangan golf tersebut berada di area seluas 20 hektare dengan jumlah 9 hole. Keunikan dan daya tarik lapangan golf ini medannya menantang karena banyak yang miring. Selain lapangan golf, di sini pun terdapat lapangan tenis dan lapangan voli pantai.

Sementara berdasarkan catatan sejarah, tahun 1942  warga Garut membakar seluruh bangunan hotel bertaraf internasional dan sanatorium di Ngamplang.  Lalu pada 1977, Ngamplang dikelola Korem 062 Tarumanagara dan bangunan hotel didirikan kembali bersama golf club house. Pada 1990 hotel pun direnovasi. Fasilitas lainnya ada lapangan tenis, musala, ruang tunggu, parkiran luas, dan lainnya. Pada hari Minggu pengunjung dari kota Garut atau warga sekitar biasa berekreasi di Ngamplang.


INFO TERKAIT LAINNYA: