Wisata Jabar

Curug Ciputrawangi, Eksotisme Air Terjun di Kaki Gunung Tampomas Sumedang





Curug Ciputrawangi, inilah destinasi wisata alam yang layak Anda kunjung saat melancong ke Sumedang. Oleh para pendaki, air terjun ini biasa menjadi salah satu titik posko saat menyusuri jalur pendakian ke Gunung Tampomas. Jadi saat mengunjungi tempat ini siap-siap saja untuk lumayan menguras energi dan mengatur napas karena medan yang dilalui cukup menantang. Maklum, lokasinya pun agak tersembunyi di dalam hutan. Ada baiknya bila ke tempat ini ngabring alias bareng-bareng sama teman-teman.

Curug ini berada di kawasan kaki Gunung Tampomas sebelah timur. Adapun letak Curug Ciputrawangi persisnya berada di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kab. Sumedang. Jika melihat geografisnya dekat dengan perbatasan Indramayu. Oleh warga setempat, curug ini juga biasa disebut juga Curug Narimbang.

Menikmati Sejuknya Aliran Air Curug Ciputrawangi 
Curug Ciputrawangi dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) KPH Sumedang dan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat-Banten. Aliran air terjun ini tidak terlalu tinggi dan sangat cocok untuk membasahi tubuh dengan berdiri di bawah aliran air.  Aliran sungai di curug ini cukup lebar, sehingga berpengaruh pada aliran jatuhan airnya yang akan melebar juga. Tak heran jika pengunjung langsung berbasah-basah ria di bawahnya untuk menikmati kesejukan air terjun ini nan alami ini.

Sementara untuk debit air, Curug Ciputrawangi pada musim kemarau sekalipun aliran airnya cukup deras. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Curug Ciputrawangi adalah sekitar bulan Feburari hingga awal Mei dan sekitar awal Oktober hingga awal Desember. Pada musim hujan, terlebih lagi pada puncak musim hujan, kondisi jalan setapak akan cukup licin sehingga menyulitkan pengunjung untuk mencapai lokasi Curug Ciputrawangi.

Rute ke Curug Ciputrawangi
Sementara untuk akses ke Curug Ciputrawangi, bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Lokasi wanawisata ini jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat kota Sumedang ke arah Cirebon. Jika berangkat dari pusat kota Sumedang ambil menuju Cirebon hingga sampai di Simpang Legok. Lalu, ambil jalur menuju Conggeang melalui jalan Legok-Conggeang hingga tiba di di Ciporong. Selanjutnya, ambil arah menuju Desa Narimbang.

Sesampainya di areal parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dengan sedikit menanjak. Kondisi jalan setapak ini tidak terlalu bagus bahkan licin bila hujan tiba. Jarak tempuh dari parkiran ke lokasi Curug Ciputrawangi sekitar 25 menitan. Ketinggian Curug Ciputrawangi ini tidaklah terlalu tinggi di mana di bawahnya terdapat kolam kecil tampungan air.