Wisata Jabar

Waduk Jatiluhur, Sajikan Wisata Alam hingga Wisata Kuliner




Oleh pemerintah, waduk ini dinamakan Waduk Ir. H. Juanda namun lebih dikenal dengan nama Waduk Jatiluhur. Ini merupakan waduk dengan banyak manfaat bagi masyarakat, dari sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Irigasi, bahan air PDAM, hingga tempat wisata unggulan di Purwakarta.  Masyarakat pun memanfaatkannya untuk budi daya perikanan. Di sini pun banyak keramba apung yang digunakan untuk peternakan ikan.

Waduk yang terletak kurang lebih 9 km dari pusat kota Purwakarta ini kawasan Jatiluhur biasa menjadi destinasi wisata. Di sini tersedia fasilitas hotel, bungalow, bar, restoran, lapangan tenis, camping groun,  kolam renang/waterboom, meeting room, sarana rekreasi dan olahraga air, playground, wahana mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating, dan wahana lainnya.

Tak heran jika Waduk Jatiluhur menjadi tujuan para pelancong untuk berwisata. Bagi yang suka touring pakai motor, tempat ini bisa menjadi tujuan Anda bersama teman-teman konvoi bareng. Rombongan touring biasa menjadikan spot dekat turbin sebagai tempat foto-foto. Jalan di dekat turbin tersebut memang terkenal dan tak jarang dijadikan tempat untuk membuat iklan oleh production house. Objek menarik lainnya untuk dijepret pemandangan bukit-bukit yang mengelilingi Waduk Jatiluhur.

Fasilitas Wisata di Waduk Jatiluhur
Di area Waduk Jatiluhur ada juga Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT Indosat Tbk. Lokasinya pun mudah dijangkau dari keluar tol Purbaleunyi dengan keluar tol Jatiluhur. Tempat ini cocok buat yang ingin liburan bareng keluarga atau teman-teman. Dengan fasilitas yang terbilang lengkap, aneka wahana wisata bisa dijelajahi di sini. Bahkan, tak jarang pengunjung yang ingin menyaksikan spot turbin raksasa yang menjadi pembangkit tenaga listrik. Untuk foto-fotoan pun banyak spot menarik di sini. Belum lagi yang hobi olahraga air bisa menjajal di sini.

Wisata Kuliner Ikan Bakar
Untuk wisata kuliner, berjejer penjual makanan yang kebanyakan mengusung kuliner khas Sunda. Pengunjung bisa menikmati di saung-saung warung makan yang ada di pinggir waduk maupun di tengah waduk yang terdiri dari ruman makan terapung. Jika Anda ingin menjajal kuliner ikan bakar, di sini ada Saung Sari Kang Ade. Berdiri semenjak 1996, rumah makan ini merupakan salah satu yang tertua dan terbesar dan favorit wisatawan di Waduk Jatiluhur.

Gunung Cilembu: Spot Menarik Menikmati Keindahan Waduk Jatiluhur
Kini, selain bisa menikmati Waduk Jatiluhur secara langsung, ada juga spot menarik keindahan waduk dari Gunung Lembu. Gunung lembu berlokasi di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta. Kawasan wisata ini banyak menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung dengan ketinggian sekitar 729 mdpl ini memiliki tiga pos pendakian di mana di beberapa titik jalur pendakian terdapat saung yang menyediakan makanan dan minuman. Pendakian sekitar 2 jam akan dibayar dengan panorama keindahan alam kawasan Waduk Jatiluhur.