Wisata Jabar

Inilah 7 Lokasi Wisata Taman di Purwakarta




Pujian itu datang dari Saud Anwar, Wali Kota South Windsor di negara bagian Connecticut, Amerika. Pada gelaran World Village Conference bulan Mei lalu, Wali Kota tersebut memuji keberadaan taman-taman yang ada di Purwakarta. Ia mengungkapkan bahwa Taman di Purwakarta sudah berkelas dunia.

 Alasannya, taman-taman yang ia lihat di Purwakarta dianggapnya lebih bagus daripada taman di Jepang yang pernah dikunjunginya. Ia mengaku sudah beberapa kali keliling dunia, tetapi taman di Purwakarta adalah yang terindah.

Pujian lain pun ia ungkapkan akan kebersihan dan keramahan masyarakat Purwakarta. Wali Kota asal negeri Paman Sam tersebut mengaku kagum karena masyarakat Purwakarta selalu menebar senyum saat dia berkeliling Taman Pancawarna dan Taman Maya Datar.

Inilah wajah Purwakarta yang berhasil disulap oleh Bupati Dedi Mulyadi. Program penataan taman-taman di wilayah yang dipimpin Dedi Mulyadi menjadi ruang publik yang dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Bukan hanya itu, taman-taman yang ada pun menjadi magnet baru bagi para wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Selama kurun waktu lima tahun terakhir, Pemkab Purwakarta sudah membuat puluhan taman kecil di setiap sudut jalan.

Berikut ini beberapa taman yang ada di Purwakarta yang menjadi destinasi wisata favorit baru.

1. Taman Sri Baduga
Inlah taman yang sekaligus jadi spot wisatawan untuk memotret keindahan Air Mancur terbesar se-Asia Tenggara. Taman Air Mancur Sri Baduga diresmikan oleh Bupati  Purwakarta,  Dedi Mulyadi,  Sabtu  (9/1/2016),  setelah melalui   tahapan-tahapan pembangunan selama kurang lebih tiga tahun. Peresmian ini merupakan yang kedua setelah yang pertama dilakukan pada 2014. Pertunjukkan air mancur di taman ini biasa digelar setiap malam Minggu. Air mancur di taman seluas 12 hektare ini memiliki tinggi pancuran hampir lebih dari 10 meter dan merupakan salah satu yang tertinggi dan terbesar di Dunia.

2. Taman Citra Resmi
Taman ini masih satu lokasi dengan Taman Sri Baduga (Situ Buleud). Letak taman ini berhadapan dengan patung badak yang menjadi ikon Situ Buleud dan ada lukisan dinding (relief) yang menceritakan perjuangan seorang wanita Sunda. Taman ini memiliki keindahan taman yang dihiasi bunga-bunga cantik.

3. Taman Cerdas Surawisesa
Taman eduksi bagi anak-anak ini masih satu lokasi dengan Taman Sri Baduga. Lokasinya di Jalan KK Singawinata (Situ Buleud). Dengan luas 1,5 hektar, taman ini berdiri tepat disamping Taman Air Mancur Sri Baduga. Ciri khas taman ini dilengkapi dengan panggung besar untuk pertunjukandan dilengkapi dengan layar megatron. Taman ini pun dilengkapi fasilitas toilet, tempat duduk (kapasitas 1000 orang lebih), juga air siap minum.

4. Taman Pancawarna
Taman nan cantik ini berada di Jalan Gandanegara (kawasan Kantor Setda Purwakarta). Keindahan taman ini dengan hadirnya aneka bunga yang mengelilingi bangunan Pendopo. Di sebelahnya terdapat sebuah jembatan kecil melengkung yang terhubung dengan pelataran kantor Bupati dengan hiasan kereta kencana. Untuk pengunjung disediakan tempat duduk plus akses WiFi gratis.

5. Taman Maya Datar
Lokasinya, tepat berada di depan Taman Pancawarna. Taman Maya Datar berfungsi sebagai lapangan alun-alun kota yang digunakan untuk berbagai upacara resmi.  Taman ini pun dibuka untuk umum pada pagi dan sore hari. Di taman ini, terdapat dua air mancur yang dilengkapi dengan pencahayaan yang sedap dipandang. Ciri khas taman ini, di depan taman ada patung macan putih yang melambangkan Prabu Siliwangi.

6. Taman Pasanggrahan Pajajaran
Letaknya di belakang pendopo Taman Maya Datar berupa taman bunga yang dihiasi air mancur. TamanPasanggrahan Pajajaran yang dibangun di areal seluas 3 hektare ini menelan dana Rp 9 miliar. Adapun sumber dananya berasal dari donatur swasta. Objek wisata baru yang juga berada di depan pendopo Pemkab Purwakarta ini selain bisa dikunjungi umum, juga bisa untuk pemanfaaan lain, misalnya foto pre-wedding yang dilanjutkan akad nikah di pendopo.

7. Taman Pembaharuan
Inilah taman yang berkonsep ruang terbuka hijau yang memiliki fungsi sebagai sarana ruang publik dan edukasi. Taman di  Jln. Veteran ini mempunyai ciri khas dengan berdirinya patung tokoh founding fathers yakni Soekarno dan Bung Hatta.