Wisata Jabar

Curug Parakan Panjang, Desa/Kecamatan Subang, Kuningan




Harap teliti, bahwa lokasi wisata ini bukan berada di daerah Kota Subang. Objek wisata Curug Parakan Panjang ini berada di Desa/Kecamatan Subang, Kab. Kuningan. Dari pusat kota Kuningan dapat ditempuh  kurang lebih 45 km ke arah selatan-timur menuju Desa Subang. Bagi yang berada di wilayah Kuningan bagian timur, akses bisa dari Kecamatan Ciwaru melalui Kecamatan Cilebak (lama perjalanan kurang lebih 2 jam).

Akses menuju lokasi ini memang masih alami dengan hadirnya trek kendaraan melewati perbukitan. Adapun jika menggunakan motor, saat sampai di Desa Subang bisa langsung menuju lokasi. Adapun yang bawa mobil, harus parkir lumayan jauh dari lokasi air terjun nan eksotis ini dan Anda bisa naik ojek. Curug ini berada di bagian atas kaki Gunung Cipanas, yakni di aliran Sungai Citiis. Kawasan wanawisata ini berad di kawasan hutang lindung.

Dekat Pemandian Cipanas, Desa Subang, Kuningan
Curug Parakan Panjang berlokasi di Desa Subang yang masih satu area dengan lokasi pemandian air panas. Letak curug ini berada di sebelah atas pemandian air panas. Saat akan masuk ke lokasi Curug Parakan, pengunjung pun akan melewati pintu masuk pemandian air panas tesebut. Dari pusat Desa Subang rute ke air terjun ini tak lebih dari 1 jam. Jadi, saat berkunjung ke tempat ini, Anda bisa sekalian berendam di tempat wisata air panas yang tak jauh dari sini.

Kondisi akses ke tempat wisata ini pun sudah mendapat perhatian pemerintah setempat dimana jalan sud dicor, walau treknya naik turun bukit. Topografi Curug Parakan Panjang termasuk unik dimana bentuknya aliran airnya melewati bebatuan yang landai, berundak-undak, dan memanjang dengan jatuhnya air berpola semi vertikal. Namun, agar Anda lebih nyaman, saat akan mengunjungi wisata air terjun ini, mintalah guide dari penduduk setempat.

Di Curug Parakan Panjang, Anda bisa menikmati dinginnya air pegunungan yang masih sejuk. Jika suka swafoto (selfie), bisa di spot batu-batu besar yang ada di sekitar aliran sungai di bawah air terjun. Spot menarik lainnya di atas batuan curug yang landai. Namun, Anda tetap harus hari-hati jangan sampai terpeleset. Bagi yang suka hiking, memang tempat ini sangat cocok untuk menjajal petualangan alam terbuka.