Wisata Jabar

Pesona Curug Ciangin di Kawasan Ciater, Subang




Berada di kawasan bentang alam nan indah, curug Ciangin kini menjadi wisata favorit para wisatawan. Letaknya di Kp. Neglasari, Desa Cibeusi, Kec. Ciater, Kab. Subang. Areal persawahan dan kebun bambu menjadi daya tarik saat menjelajah menuju lokasi wana wisata Curug Ciangin. Sayangnya, objek wisata ini belum digarap maksimal. Fasilitas toilet dan mushola memang belum tersedia di area wisata air terjun ini. Namun, buat mengisi perut, ada warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman yang siap mengganjal perut Anda.

Akses jalan pun masih alakadarnya berupa jalan setapak yang bisa dilalui oleh motor. Kondisi jalan masih jalanan tanah dan berbatu. Sementara untuk biaya masuk, dikenakan tarif hanya Rp5000 dan parkir Rp2000. Untuk akses ke lokasi objek wisata Curug Ciangin tidak terlalu susah. Lokasi curug ini masih tetanggaan dengan objek wisata pemandian air panas Ciater.  Jika Anda mengambil rute dari Bandung ambil jalur Lembang - Jln. Raya Tangkuban Perahu - Ciater - Cibeusi.

Saat sampai pintu masuk pemandian air panas Ciater, ambil arah kanan yang menuju Desa Cibeusi atau Curug Cibareubeuy. Dari sini, Anda bisa menanyakan pada penduduk setempat. Perjalanan dari Ciater ke Curug Ciangin dapat ditempuh kurang lebih 15 menit.  Untuk sampai ke Curug Ciangin, tersedia anak tangga yang sudah dibuat oleh warga sekitar.

Keunikan air terjun in yakni dengan adanya dua air terjun dengan lantai yang berbeda. Di lantai paling atas terdapat air terjun yang tak terlalu tinggi sekitar 4 meter. Sementara di bawah air terjun ada tampungan air yang jatuh dari atas tebing. Kedalaman danau kecil ini sekitar 3 meter.

Di lantai bawah air terjun pertama, terdapat air terjun lagi dengan ukuran yang lebih tinggi dan lebih luas ukuran danau kecil yang ada dibawah air terjunnya. Pemandangan di lantai bawah ini sangatlah indah. Bebatuan yang berasal dari bentukan lava yang sudah membatu ini memiliki bentuk yang sangat menarik. Danau yang ada di air terjun ini juga sangat dalam, yaitu memiliki kedalaman sekitar 5 meter.