Wisata Jabar

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Sempurna





Ada pemandangan menarik di Kebun Raya Cibodas, Senin (7/3/2016). Salah satu penghuni objek wisata yang juga dikenal dengan nama Cibodas Botanical Garden ini, yaitu Amorphophallus titanum atau masyarakat Indonesia menyebutnya dengan nama bunga bangkai, mekar sempurna dengan ketinggian 3,735 meter.

Kejadian langka ini tentu saja sangat istimewa dan tentu saja tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan. Apalagi, bunga bangkai hanya akan mekar selama kurang dari satu pekan. Setelah itu, bunga yang baunya menusuk itu akan layu dan untuk menunggu kemba¬li mekar harus menunggu dalam jangka waktu yang lama. 

Menurut catatan pihak Kebun Raya Cibodas, bunga bangkai koleksinya sudah empat kali mekar. Dan yang saat ini mekar merupakan bunga bangkai yang mekar tertinggi. Tercatat tahun 2003, 2007, 2011, dan tahun 2016, bunga bangkai Kebun Raya Cibodas mekar. Tahun 2003 bunga yang mekar setinggi 2,7 meter, pada 2007 mekar dengan tinggi sekitar 3,17 meter, pada 2011 tingginya 3,2 meter, dan tahun ini 3,735 meter.

Ditemukan ahli botani Italia, odoardo Beccari, Amorphophallus titanum merupakan tumbuhan endemik Sumatera. Bunga bangkai yang berada di Kebun Raya Cibodas merupakan tanaman induk dari hasil kegiatan eksplorasi flora di Bukit Sungai Talang, Dusun Sungai Manau, Desa Sungai Kalu Dua, Kecamatan Koto Parik Gadang, Resor Batang Suliti, TNKS, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Di tempat asalnya itu, bunga bangkai tumbuh di ketinggian 840 meter di atas permukaan laut. Sementara Kebun Raya Cibodas yang berada di kompleks hutan Gunung Gede Pangrango, ketinggiannya mencapai 1.275 meter di atas permukaan laut, dengan suhu 17-27 derajat Celsius.

Meski Cibodas lebih tinggi dari habitat asalnya, namun tanaman ini dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik. Meski mampu tumbuh di tempat yang tingginya 0-1.200 mdpl, namun kondisi tanah yang dikehendakinya adalah yang gembur berhumus, tanah berkapur, dan punya aerasi yang baik. Tanaman yang memiliki tiga fase hidup ini tidak akan mampu tumbuh di hutan-hutan lebat yang pepohonannya tinggi dan gelap. Tiga fase kehidupan Amorphophallus titanum adalah fase vegetatif (berdaun), generatif (berbunga), dan fase dorman (istirahat).

Rute Menuju Taman Raya Cibodas, Cianjur
Anda yang ingin menyaksikan mekarnya bunga bangkai bisa segera mengunjungi kebun raya konservasi ini. Ada banyak rute dan beberapa pilihan kendaraan untuk mencapai Kebun Raya Cibodas. Anda yang berasal dari Jakarta, salah satu jalur yang bisa Anda pilih adalah melalui jalan raya Bogor menuju Puncak lalu Cianjur. Sampai di persimpangan Cimacan, belok ke arah Kebun Raya Cibodas.

Sementara bagi Anda yang berasal dari Bandung dan naik kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Leuwipanjang tujuan Sukabumi, kemudian turun di Terminal Cianjur. Dari sini naik angkutan ke Bogor, dan berhenti di simpang tiga Cimacan Cibodas. Lalu menggunakan angkutan umum rute Cipanas-Rarahan hingga Balai Taman Nasional Gede-Pangrango, selanjutnya tinggal berjalan kaki menuju Kebun Raya.


INFO TERKAIT LAINNYA: