Wisata Jabar

Info Lokasi, Rute, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka Curug Pelangi Cisarua, Lembang





Namanya melejit di media sosial. Para wisatawan dari Jakarta, Bogor, hingga luar Pulau Jawa serta Malaysia dan Singapura banyak yang datang ke tempat wisata alami di kawasan Cisarua, Kab. Bandung Barat ini. Malah kini, Curug Pelangi menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi para pelancong yang menggunakan kendaraan pribadi, karyawisata sekolah, juga gathering kantor. Tak heran sekarang di sekitar Curug Pelangi kerap nangkring bus wisata yang parkir di sana membawa rombongan wisatawan dari luar Bandung.

Maka, foto-foto selfie dan wefie dengan latar Curug Pelangi ini pun menyebar di media sosial. Inilah salah satu destinasi wisata alam di Cisarua, Parongpong, Kab. Bandung Barat yang berhasil dipoles oleh pihak Perhutani dan menjadi trending. Curug Pelangi atau The Rainbow Waterfalls diresmikan oleh Ir Ellan Barlian MM selaku Kepala Perhutani Divre Jabar pada Desember 2014.

Dulu, nama tempat ini lebih dikenal dengan nama Curug Cimahi dan dibuka untuk umum pada 1992. Dan pernah vakum pada 2010-an untuk dilakukan pembenahan. Curug ini pun kemudian direvitalisasi hingga pembukaan kembali tahun 2014. Dan dengan konsep serta penataan yang baru, kawasan ini jitu menjadi magnet menarik kunjungan wisatawan. Terbukti dari 2014 hingga awal 2016 tempat ini terus mengalami grafik peningkatan pengunjung. Apalagi saat liburan Hari Raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, hingga liburan Imlek kemarin.

Lokasinya sendiri sebenarnya bukan berada di Kota Cimahi. Namun tempat wisata yang dikenal eksotis ini memang bisa dijangkau dari arah Cimahi melalui jalur Cihanjuang - Parongpong dan biasa dilanjutkan ke Lembang melalui Jl. Kol. Masturi. Disebut Curug Cimahi karena berada di aliran Sungai Cimahi. Sebenarnya, bukan hanya Curug Pelangi, di aliran sungai tersebut pun ada air terjun lainnya Curug Bugbrug dan Curug Panganten yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Curug Pelangi ini. Kawasan air terjun ini pun lokasinya dekat dengan kawasan wisata Ciwangun Indah Camp (CIC).

Habitat Ratusan Monyet
Air terjun dekat kawasan wisata Dusun Bambu ini memiliki ketinggian 71 meter di kawasan Perhutani Bandung Utara, secara administrasi masih masuk wilayah Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua ini sudah dimodifikasi menjadi lebih menarik. Di air terjun  ini dikenal juga sebagai habitat monyet. Ada ratusan monyet yang berkeliaran di sekitaran hutan kawasan air terjun ini. Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk yang unik. Di tempat ini memang disediakan area pandang khusus yang biasa dipakai untuk berfoto ria. Nah, untuk spot menarik saat berfoto lebih baik dari tempat khusus ini. Namun, jika ingin merasakan sensasi segarnya alira air terjun Anda bisa turun. Wajah curug saat malam hari akan menjadi daya tarik sendiri. Pasalnya tidak banyak kreasi yang menyandingkan keindahan alam curug dengan teknologi cahaya yang disetting melalui lampu.

Sementara konsep Waterfall Rainbow sendiri digagas oleh Wismo Tri Kuncoro selaku ADM Perhutani KPH Bandung Utara. Rupanya, inspirasi tersebut datang dari air terjun Colorado Amerika. Namun di sana permainan lampu yang dipasang berada di depan air. Sedangkan di The Rainbow Waterfalls lampu warna warni dipasang di belakang air. Pemandangan warna warni air menjadi jelas ketika kita menuruni anak tangga mendekati air terjun.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Pelangi
Curug Pelangi berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Tepatnya di Jln. Kolonel Masturi, Cisarua, Kab. Bandung Barat lihat lokasi.

1. Anda yang melalui jalur Cimahi bisa melalui Cihanjuang dan Parongpong arah ke Lembang. Biasanya dari Curug Pelangi, wisatawan melanjutkan perjalana ke Kampung Gajah Wonderlan, Rumah Hobbit Farmhouse Lembang, Terminal Wisata Grafika, Floating Market Lembang, atau langsung ke Tangkuban Parahu.
2. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa menempuh rute menyusuri jalur Cihideung menuju Cisarua. Dan bila dari pusat kota Cimahi dapat melalui Jln. Kol. Masturi ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke Terminal Parongpong (dekat kawasan Ciwangun Indah Camp).
3. Untuk pengguna kendaraan umum dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng. Setelah sampai di Terminal Sukasari (di depan Vila Istana Bunga), dapat diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit atau dapat memanfaatkan jasa angkutan umum Cisarua-Lembang dengan ongkos yang relatif murah. Jika dari kota Cimahi jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi-Cisarua.
4.  Jika dari Kota Bandung, bisa menggunakan angkutan jurusan St.Hall-Lembang dari Stasiun Bandung, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Lembang-Cisarua, dan turun persis di depan pintu gerbang Wana Wisata Curug Cimahi. Atau juga dperjalanan dapat ditempuh menuju terminal Ledeng, dilanjutkan dengan angkutan Ledeng-Parongpong. Dari terminal dilanjutkan memakai angkutan jurusan Parongpong-Padalarang.

Harga tiket masuk, parkir, dan fasilitas
Harga tiket masuk tempat yang buka hingga pukul 9 malam ini sebesar Rp. 15.000,- per orang. Sementara fasilitas parkir untuk kendaraan baik roda empat ataupun roda dua tersedia. Anda bisa parkir di area terminal angkutan kota kecil yang terletak persis di pinggir gerbang masuk Curug Pelangi.

Fasilitas yang lainnya di antaranya ada shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun, peta lokasi, jalan setapak, piknik site, bangku, tempat sampah, pusat informasi, pos jaga, serta mushola, dan kamar kecil. Selain itu terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman yang biasanya buka pada hari-hari ramai seperti akhir pekan dan liburan.