Wisata Jabar

Kembali Menjadi Orang Desa di Kampoeng Wisata Cinangneng





Apakah  Anda  pernah melewatkan masa kecil di kampung  dan  rindu ingin kembali ke masa lalu? Atau kalau tidak, apakah Anda  pernah memiliki mimpi tinggal di perdesaan yang tenang dan damai dengan udara yang bersih dari polusi? Kalau ya, Anda diajak untuk datang ke  Kampoeng Wisata Cinangneng di  Jl. Babakan  Kemang,  Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Bogor, Jawa Barat.

Di  sini,  Anda  bisa mendapat pengalaman  baru  atau  pengalaman "lama"  (bagi Anda yang memiliki masa kecil di desa).  Di  tengah alam  yang masih hijau dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan,  Anda dapat melakukan aktivitas khas masyarakat perdesaan. Antara lain menanam padi, mengolah lahan persawahan, dan  memanen padi bila Anda berkunjung pada musim panen.

Anda pun bisa mencoba memainkan "kaulinan barudak lembur", memandikan kerbau,  belajar tari  jaipong,  main gamelan, meronda, dan lain-lain.  Semua  itu bisa Anda rasakan cukup dengan membayar biaya paket-paket  wisata sesuai pilihan Anda.

Paket dan Tarif
Saat hendak masuk Kampoeng Wisata Cinangneng, Anda harus  membayar biaya Rp 20.000 per orang. Kemudian untuk menjadi "orang desa" di kampung  wisata  ini,  ada beberapa paket yang  bisa  Anda  pilih sesuai selera dan tentu saja sesuai dengan keuangan Anda.

Yang  pertama adalah Paket A Program "Pulang Kampung" dengan  harga sekitar Rp 115.000/orang. Program pulang kampung menawarkan paket wisata satu hari tanpa menginap. Fasilitas yang Anda dapat dengan memilih paket ini adalah belajar main angklung dan bernyanyi lagu sunda,  tur  kampung dengan mengunjungi  home  industry,  menanam padi,  menyeberangi  sungai dan memandikan kerbau,  belajar  main gamelan  dan  tari jaipong, belajar membuat  kue  bugis, belajar membuat jamu, menggambar caping petani, makan siang, berenang.

Paket  B  seharga  Rp  75.000/orang. Dengan  paket ini, fasilitas yang didapat berupa tur  kampung  ke industri rumah tangga, berfoto dengan memakai busana  tradisional Sunda, makan siang, dan berenang. Paket C menginap satu malam dengan tarif Rp 450.000/orang.  Fasilitas  yang  Anda dapat yaitu minuman  selamat  datang,  sarapan, makan  siang,  dan makan malam. Anda pun mendapatkan  snack,  tur kampung mengunjungi home industry, dan berenang.

Dan,  terakhir adalah Paket D dengan menginap semalam seharga  Rp 550.000/orang.  Fasilitas  yang didapat  adalah  minuman  selamat datang,  sarapan, makan siang, dan makan malam. Anda juga  mendapat snack, melakukan ronda kampung, api unggun,  menggiling  jagung, jagung bakar, dan berenang. Bila  Anda memilih paket dengan menginap, ada 8 guest house  yang menghadap  ke kebun dan kolam renang. Agar tidak  kehabisan,  sebaiknya Anda melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari.

Fasilitas Lain
Selain  paket-paket di atas, di Kampoeng Wisata Cinangneng juga  tersedia fasilitas  lainnya, seperti musala, kolam renang air alami,  dangau-dangau,  toko  souvenir,  tour guide,  mobil  rental, parkir kendaraan, taman, restoran, taman bermain anak, dan lain-lain.

Rute
Anda yang berasal dari Jakarta atau Bandung bisa mencapai Kampoeng Wisata Cinangneng  dengan terlebih dahulu mengambil rute ke Kota  Bogor. Anda yang berasal dari Jakarta bisa menuju Bogor dari Lebakbulus ke arah Ciputat, Jalan Raya Parung-Bogor, lalu lanjut ke arah IPB Darmaga. Jalur lainnya bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar  dari pintu Tol Sentul City. Dari sini, arahkan kendaraan ke kampus IPB Darmaga.

Sementara  Anda yang berasal dari arah Bandung bisa  melalui  Tol Cipularang. Setelah Tol Cipularang, dilanjut menyusuri Tol Jakarta-Cikampek, lalu ke kiri masuk ke Tol Lingkar Luar Jakarta,  Tol Luar TMII-Cikunir Bekasi, lalu belok kiri lagi untuk  masuk  Tol Jagorawi. Selanjutnya seperti jalur Jakarta, keluar  dari  pintu Tol Sentul City, dan dilanjutkan ke arah kampus IPB Darmaga.  Jalur  lainnya  dari Bandung adalah melalui  jalur  lama  Puncak. Yaitu melalui Cianjur, lalu ke Cisarua, dan sampai ke Kota  Bogor kembali arahkan ke arah IPB Darmaga.

Apabila Anda yang berasal dari Jakarta dan Bandung sudah mencapai IPB  Darmaga,  beberapa ratus meter dari kampus  ini  ada  plang menuju ke Kampoeng Wisata Cinangneng. Tinggal diikuti saja petunjuknya, Anda pun akan sampai di tempat yang dituju. Nah,  selamat menjadi "orang kampung"!

Kampoeng Wisata Cinangneng
Jl.  Babakan  Kemang RT 01/RW 02, Cihideung Udik,  Kec.  Ciampea, 
Bogor, Jawa Barat 16620
Telepon: 0251-8621895


INFO TERKAIT LAINNYA: