Wisata Jabar

Festival Budaya Dunia di Purwakarta



Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan menggelar Festival Budaya Dunia. Festival Budaya Dunia tahun ini digelar sebagai puncak dari rangkaian Hari Jadi Purwakarta ke-184 dan Kabupaten Purwakarta ke-47. Tahun ini brand yang dibawa ialah budaya dunia bukan lagi Asia Pasific seperti saat hari jadi tahun 2014.

Festival budaya dunia ini dimulai dari acara welcome dinner dan malam budaya dunia pada tanggal 26 Agustus 2015 dimana akan menampilkan kesenian dari negara Indonesia, Italia, Afrika Selatan, Meksiko, Mesir, Turki, India, Tiongkok, Jepang, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, dan negara lainnya. Event ini bertempat di Bale Maya Datar Pemkab Purwakarta di Jalan Gandanegara Purwakarta.

Sedangkan pada acara puncak pada 29 Agustus 2015 pukul 19.00 dimulai dari Taman Pembaharuan dan finih di Taman Maya Datar. Sampai saat ini sudah ada sekitar tiga belas negara yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya pada acara. Event ini diharapkan dapat menjadi tontonan yang benar-benar menarik bagi masyarakat.

Sebagai rangkaian puncak event yang digelar kali ini, telah digelar beberapa kegiatan di antaranya:

1. Pawai Bedug
Saat malam takbiran 1 Syawal 1436 H kemarin,  jalan di pusat kota Purwakarta dipenuhi penabuh bedug dalam festival 1000 bedug. Tepatnya sepanjang Jalan Sudirman Purwakarta penabuh bedug kumpul menyambut kemenangan Idul Fitri.

2.  Panggung Tatar Sunda Cirebonan
Gelaran 10 panggung ini dilaksanakan pada Sabtu, 1 Agustus 2015 secara menyebar di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman, Pasar Jumaah hingga jalan KK. Singawinata Situ Buleud. Keberadaan panggung ini mengundang ribuan warga baik dari kota Purwakarta adapula yang datang dari luar Purwakarta. Sebanyak 10 panggung menampilkan 10 seni budaya dari kabupaten kota yang ada di Jawa Barat. Mereka diantaranya seniman Tari Topeng dan Tayub Cirebonan dari kota Cirebon.

Seni Sintren dari kabupaten Cirebon, Seni Bangreng dari Sumedang, Reog dan Kacapi Bodor dari Garut, Tarling dari Indramayu, tari topeng Banjet dari Karawang, seni ketuk tilu dari kota Bandung. Dari kabupaten Bandung menampilkan seni Longser dan dari Purwakarta sendiri menampilkan dua panggung seni Wayang Golek dalang cilik dan seni Badingkut.

3. Pangggung Nusantara Purwakarta
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 8 Agustus 2015. Panggung Nusantara menampilkan beragam atraksi seni dan budaya kreasi terbaru yang diboyong para seniman dan budayawan lima provinsi. Provinsi yang akan tampil adalah DKI Jakarta dengan seni lenongnya, Banten dengan seni debus, Riau dengan seni khas Biak, Jawa Tengah dengan seni lengger, dan Jawa Barat dengan bajidoran.

4. Gianyar Bali - Purwakarta Festval
Sebelumnya pada bulan Maret, festival ini pernah dilaksanakan. Festival Purwakarta – Gianyar Bali bulan ini telah dilaksanakan pada Sabtu, 22 Agustus2015 Pkl. 20.00 di Bale Maya Datar  dengan pengisi Acara : Luna Maya, Charly Setia Band, Ohank, Komar “Preman Pensiun".