Wisata Jabar

Lokasi dan Rute Menuju Badega Gunung Parang, Purwakarta




Bagi para pemanjat, ada pameo belum dapat disebut sebagai pemanjat sejati jika belum pernah menaklukan Gunung Parang. Memang, mendaki di tempat ini, penuh dengan tantangan yang sangat membutuhkan kesiapan, ketahanan dan ketangguhan mental  dan fisik.

Lokasi dan Rute Gunung Parang
Gunung Parang merupakan salah satu tempat obyek wisata alam yang berada di  Kampung Cihuni Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru sekitar 28 km dari Kota Purwakarta atau 79 km dari Kota Bandung. Memiliki ketinggian sekitar 983 meter dari permukaan laut dengan temperatur rata-rata 22 sampai dengan 25 derajat Celsius. Karakter Gunung Parang, adalah Multy Grade, artinya banyak  jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan bervariasi.  Mulai dari tingkat kesulitan terendah  Grade  1 (class 5.0-5.4) sampai dengan yang paling tinggi (grade IV, Class 5.5-5.13.

Berikut ini rute menuju Gunung Parang.

Rute jika menggunakan mobil:
- Untuk Rute ke Kampung Cihuni, dari Jakarta bisa melalui jalan tol Purbaleunyi, keluar di Purwakarta/Jatiluhur/Ciganea.
- Setelah keluar dari Gerbang Tol Jatiluhur, lurus terus sampai dengan pertigaan lampu merah, kemudian belok kanan ke arah Pleres.

Rute jika menggunakan motor:
- Untuk rute dari Jakarta, bisa melalui jalan raya umum ke arah Cikampek terus menuju Sadang, kemudian dilanjutkan ke arah Puwakarta.
- Dari Purwakarta, menuju ke Cigane, kemudian dilanjutkan ke Plered, dan silahkan memilih pilihan rute yang ada di bawah ini.

Rute utama:
Pertigaan Cilalawi, setelah keluar tol, dan bertemu pertigaan Cigane, belok kanan ke arah Plered, setelah melewati jembatan besar, dan jalan menanjak sedikit, bertemu pertigaan Cilalawi (banyak truk pengangkut batu keluar masuk dan disebelah kiri jalan ada penunjuk jalan ke arah Badega Gunung Parang), belok kanan dan ikuti jalur menuju Kampung Cihuni, Gunung Parang.

Ada pilihan rute perjalanan menuju Badega Gunung parang, dari Plerde, rute bisa dari pertigaan Simpang atau pertigaan Ciakar, arahkan kendaraan untuk belok kanan, kemudian ikuti jalan menuju Kampung Cihuni (Badega Parang) jika ragu bertanyalah pada warga sekitar arah ke Kampung Cihuni (Badega Parang).

Transportasi:
- Dari Jakarta, naik bis "Warga Baru" arah ke Purwakarta, turun di Ciganea.
- Lanjutkan dengan naik angkutan umum ke Plered, dan turun di bekas pasar lama Plered atau Masjid Baiturrahim
- Dari Plered, naik angkutan desa atau ojek motor ke Kampung Cihuni (Gunung Parang).

Untuk info lebih lengkap, silakan kontak akun instagram: @badegaparang atau ke nomor telepon 0878-7470-8230 / 0878-7717-1242.