Wisata Jabar

Keindahan Setu Sedong Kala Sore




Mungkin belum banyak orang yang tahu dengan tempat wisata yang satu ini, terutama mereka yang berada di luar wilayah Cirebon dan sekitarnya. Padahal, tempat wisata ini menyuguhkan keindahan pemandangan jika kita berkunjung ke tempat ini. Terlebih jika kita menikmati matahari terbenam di Setu Sedong ini.

Sekilas tentang Setu Sedong
Setu atau waduk Sedong merupakan waduk buatan di wilayah Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Waduk ini berfungsi menampung air hujan dan sungai sebagai pengairan daerah pertanian sekitar Kec. Sedong. Manfaat yang di peroleh dari setu ini begitu besar. Selain sebagai pengairan dan irigasi, Setu Sedong juga menyimpan kelebihan air pada musim hujan. Setu yang memiliki luas kurang lebih 150 hektar dengan kedalaman berkisar antara 5 hingga 10 meter ini ramai dikunjungi pada akhir pekan maupun liburan sekolah.

Hamparan persawahan yang hijau, serta pepohonan yang berada di sekeliling waduk tersebut mampu menghadirkan suasana nyaman bagi pengunjung yang datang. Bagi Anda yang gemar memancing, Setu Sendong juga memiliki berbagai ikan air tawar yang dapat Anda pancing tanpa dipungut biaya. Waktu paling tepat untuk mengunjungi kawasan ini adalah sore hari, dimana suhu udara tidak terlalu panas.

Akses ke Lokasi
Ada dua pilihan jalur alternatif untuk mencapai kawasan Setu Sedong ini. Jalur pertama yaitu melalui pusat kota Cirebon ambil ke arah kanan. Jalur yang selanjutnya adalah melalui Sindang Laut ke arah kiri. Jika Anda kurang begitu mengenal jalanan di daerah tersebut, Anda jangan pernah sungkan untuk menanyakan kepada warga setempat.

Jalanan yang akan Anda lalui untuk mencapai Setu Sedong memang agak menanjak. Sebelum sampai ke lokasi tujuan, Anda akan dimanjakan dengan pemAndangan alam yang indah, karena Anda akan melewati hamparan sawah yang ditumpang sarikan dengan pohon buah. Jika telah samapai di lokasi, kita bisa berkeliling dari mulai arah selatan.

Objek Wisata Setu Sedong
Setu sedong ini bagus untuk dikunjungi kapan saja. Moment yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah sore hari. Ketika sore hari, suhu udara tidak terlalu panas. Pantulan sinar jingga dari matahari pada sore hari pada riak-riak air sungguh mampu untuk menghilangkan penat seharian sehabis bekerja, jika kita mengunjunginya setelah bekerja. Selain itu aktivitas penduduk sekitar menambah rasa haru akan keuletan para petani mengolah sawah mereka dari kecil hingga mendekati panen.

Bagi Anda yang suka memancing, jangan khawatir, di Setu Sedong banyak ikannya. Memancing di sini tidak dipungut biaya. Dari pengalaman pemancing, lumayanlahlah untuk sekedar menghibur dengan sensasi menyentak pancingan. Tempat yang bagus untuk melihat keseluruhan Setu Sedong adalah dengan memutar ke sebelah kiri dari jalan masuk. Kemudian akan ada semacam dermaga yang menjorok ke dalam Setu Sedong, dari tempat ini terlihat jelas keindahan Setu Sedong.