Wisata Jabar

Bandara Sukabumi Akan Dibangun 2019 untuk Dukung Potensi Wisata



Pembangunan Bandara Sukabumi

Sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki ragam destinasi wisata alam, akses transportasi ke Sukabumi selayaknya mulai dikembangkan. Dan rencananyanya bandar udara di Sukabumi akan dibangun pada awal 2019. Bandara tersebut rencananya dibangun di kawasan Cikembar, Sukabumi.

Pembangunan bandara di Sukabumi dilakukan sebagai upaya menggenjot pembangunan infrastruktur di Jawa Barat bagian selatan. Selain bandara, reaktivasi rel kereta api Sukabumi-Bandung juga dilakukan untuk mempermudah mobilisasi warga Jawa Barat.

Pembangunan bandara yang sudah dimulai pembebasan lahannya menelan dana hingga Rp 400 miliar. Sumber pendanaan tersebut berasal dari APBN dan APBD. Adapun rincian anggarannya 30% Pemda, 70% APBN. Bandara yang didesain dengan landasasan hingga 2.000 meter tersebut rencananya untuk tahap awal akan dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan juga sedang membangun dua pelabuhan, di Pangandaran dan Pelabuhan Ratu gunanya untuk selain kegiatan wisata di Geopark Ciletuh itu juga memudahkan transportasi logistik hasil bumi keluar. Percepatan pembangunan di Jawa Barat bagian selatan diharapkan bisa selesia di 2022 mendatang.

Pengembangan pun dilakukan dengan optimalisasi desa wisata. Desa wisata di Sukabumi bagian selatan akan didorong untuk jadi desa wisata dengan dana desa. Nantinya, desa wisata akan dibenahi dengan model agro wisata. Pembuatan desa wisata akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan pendapatan ekonomi masyarakat.

Selain di Sukabumi, revitalisasi pun dilakukan di bandara lainnya. Bandara yang akan direvitalisasi adaha bandara Tasikmalaya dan Pangandaran. Revitalisasi dua bandara tersebut membutuhkan masing-maasing Rp50 miliar.