Wisata Jabar

Inilah Rencana Pengembangan Wisata Sumedang



Pengembangan wisata Sumedang bupati terbaru

Sebagai daerah yang terbilang strategis yakni terletak di antara Bandung dan Majalengka, Sumedang menyimpan potensi wisata di masa depan.  Agar tidak jalan di tempat, untuk itu perlu adanya pembenahan infrastruktur, sistem, dan visi terhadap Kota Tahu ini. Dilihat dari sisi aksebilitas, Sumedang semakin mudah dikunjungi dengan hadirnya Tol Cisumdawu. Akses dari Jakarta - Bandung - Sumedang - Bandara Kertajati pun lebih mudah dikunjungi para pengendara.

Bupati terpilih Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menjadi harapan baru bagi Kab. Sumedang untuk mengoptimalkan sektor pariwisata. Kandidat Gubernur Jawa Barat (Jabar) terpilih, Ridwan Kamil pun berjanji bakal memberikan hadiah spesial untuk Kabupaten Sumedang. Hal itu diungkapkan Kang Emil saat bertemu Kandidat Bupati Sumedang terpilih di Pendopo Kota Bandung, Rabu (18/7/2018).

Sebagai pemimpin yang punya pengalaman mengurus Kota Bandung, Kang Emil bakal menularkan ilmu dan pengalamannya dalam menggarap kota menjadi tujuan wisata. Salah satu pembahasan yang bakal dilakukan adalah menata kawasan Alun-alun Sumedang dan memberikan sumbangan bus Bandros (Bandung Tour on Bus).

Untuk Alun-Alun Sumedang nantinya akan direvitalisasi seperti halnya yang pernah dilakukan di Bandung. Pihak Pemkab Sumedang bisa menggarap kawasan area publik di depan Gedung Negara tersebut jadi kawasan yang aktif, tertata, dan menghadirkan suasana baru bagi warga Sumedang maupun wisatawan luar. Alun-Alun Sumedang akan dibenahi sehingga jadi kawasan yang hidup, salah satunya dengan adanya fasilitas kolam renang dangkal yang bisa digunakan tempat main anak-anak.

 Hal lainnya mengenai rencana pengembangan infrastruktur transportasi massal Light Rail Transit (LRT) kawasan Bandung Raya (Sumedang, Bandung, Cimahi, KBB, dan Kabupaten Bandung).  Sementara untuk bus semacam Bandros bisa jadi ikon baru wisata Sumedang. Warga dan wisatawan dapat menikmati wisata perjalanan keliling Kota Sumedang layaknya seperti di Bandung.

Menanggapi rencana Kang Emil, Kandidat Bupati Sumedang terpilih, Dony Ahmad Munir mengaku siap bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk memajukan daerah secara bersama. "Terima kasih kepada Pak Gubernur terpilih, hari ini bisa bersilaturahmi. Pertemuan ini hanya ingin menyinkronkan beberapa visi misi kami di Sumedang dengan Jabar. Dan di visi misi itu banyak kesesuaian antara program bupati sumedang dengan gubernur terpilih di Jabar," kata Dony.

Pengembangan wisata Waduk Jatigede
Dony menambahkan sejumlah proyek pengembangan strategis telah disiapkan untuk membuat Kabupaten Sumedang menjadi destinasi wisata baru. Seperti penataan kawasan Waduk Jatigede menjadi lokasi wisata nasional dan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan).

Menurut Dony, Jatigede akan ditata menjadi sebuah tempat pariwisata nasional. Menurutnya, Jatigede airnya bukan hanya untuk orang Sumedang, tapi mengalir ke Indramayu, Majalengka, Cirebon. Untuk itu, tambah Dony, perlu ada penataan pariwisata yang baik jika ingin Jatigede mendongkrak ekonomi warga. "Kalau wisata bagus, banyak orang datang ke destinasi itu. Tentunya ekonomi akan bergerak, pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga Sumedang," katanya.