Wisata Jabar

Pemandian Air Panas Cikundul, Wisata Murah Meriah di Sukabumi




Ini merupakan tempat wisata yang dikelola oleh Disbudpar Sukabumi. Pemandian Air Panas Cikundul berlokasi di Jln. Proklamasi No. 242, Desa Lembur Situ, Kelurahan Cikundul, Kota Sukabumi. Terletak di pinggir Sungai Cimandiri, pemandian ini sejak lama dikenal oleh masyarakat sebagai tempat terapi dan perawatan pasca pengobatan untuk beberapa penyakit. Lokasi wisata favorit warga Sukabumi ini kini telah direvitalisasi dan menghadirkan fasilitas yang nyaman serta spot asyik buat selfie dan kegiatan wisata alam lainnya.

Pemandian Air Panas Cikundul yang dibangun Tahun 1990, menjadi salah satu daya tarik kedatangan para pengunjung, baik dari Kota Sukabumi itu sendiri maupun dari luar kota. elain mampu menyegarkan tubuh, air panas Cikundul juga berkhasiat untuk kesehatan.

Letaknya yang hanya sekitar sekitar 7 km ke arah selatan dan memiliki luas sekitar 5320 meter persegi.  Pemandian Air Panas Cikundul ini terdiri dari kolam renang air panas dan dingin, kamar rendam, dan penginapan atau Cottage dengan kapasitas kamar yang cukup memadai. Bagi pengunjung yang ingin menginap di Cikundul , sewa kamar per malam berkisar Rp200 ribuan.

Harga tiket masuk wisata air panas Cikundul
Untuk masuk dan menikmati kehangatan dari air panas Cikundul ini, pengunjung hanya dikenakan tarip masuk antara Rp6000 (dewasa) dan Rp3000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk kamar rendam khusus dikenakan tarif Rp30.000. Adapun tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan tarif Rp10.000 untuk parkir roda empat. Tarif tersebut digunakan untuk pengelolaan pemandian air panas ini, karena dikelola oleh Pemerintah Kota, via Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sukabumi.

Di sekitar kawasan wisata Pemandian Air panas juga banyak berjajaran kios-kios kecil yang berjualan makanan, minuman, snak, hingga souvenir. Jam buka Pemandian Air Panas Cikundul dari pukul 08.00-16.00 WIB. Selain pemandian air panas, terdapat obyek wisata andalan yakni Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC) Sukabumi yang berada di Jalan Kapitan, Kelurahan Cikundul.

Lokasi ini tidak kalah ramai karena hampir setiap hari ada kunjungan dari sejumlah kalangan.Mulai dari kunjungan dari sekolah-sekolah terutama pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) hingga wisatawan dari berbagai daerah. Kawasan wisata lainnya yakni bumi perkemahan yang sekarang ini mulai ditata lebih baik.