Citilink Akan Buka Rute Internasional ke Bandara Banyuwangi



Anak perusahaan Garuda Indonesia yakni maskapai Citilink Indonesia akan mencoba kemungkinan rute internasional di Banyuwangi. Padahal, rute Jakarta-Banyuwangi belum lama dilayani oleh Citilink.

Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo mengatakan, pihaknya ingin ikut berkontribusi menggerakkan sektor pariwisata di wilayah paling timur Pulau Jawa itu."Kami optimistis bisa ikut membantu Banyuwangi mendatangkan wisatawanmancanegara. Serta turut menggerakkan perekonomian daerah," kata Juliandra, beberapa waktu lalu.

Penerbangan langsung dari Malaysia
Menurutnya, kajian rute internasional itu seiring dengan upaya pemerintah meningkatkan status Bandara Banyuwangi sebagai bandara internasional. Rute yang sedang dijajaki Citilink adalah penerbangan langsung dari Malaysia."Akan kami buat kajian. Saya kira prospeknya bagus. Ada banyak objek dan atraksi wisata di Banyuwangi ini. Selain itu, juga dekat dengan Bali yang tentu menguntungkan untuk paket wisata bersama," ujar Juliandra.

Ditambahkannya, momentum pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, Oktober 2018, di Bali, adalah kesempatan menyiapkan keperluan rute internasional. Sebab, ribuan delegasi dari seluruh dunia akan hadir. Dalam ajang itu, Bandara Banyuwangi telah ditetapkan sebagai bandara pendukung. Artinya, sebagian delegasi resmi kenegaraan dipastikan mendarat di Bandara Banyuwangi.

"Sudah banyak yang mendukung Bandara Banyuwangi menjadi bandara internasional. Dukungan itu menunjukkan Banyuwangi punya potensi. Bandaranya juga keren, terminalnya berkonsep hijau dan unik, green terminal pertama di Indonesia," ujarnya. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan banyak pihak untuk kemajuan Banyuwangi. Terutama dari sektor wisata.

Pasar terbesar wisatawan setelah Bali
"Citilink punya segmen sendiri, misalnya kuat di kalangan traveler muda. Ini akan makin menambah banyak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. Dan bisa menjadi pasar terbesar wisatawan setelah Bali," ujar Anas. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Citilink yang berniatmembuka rute internasional ke Banyuwangi. Menurutnya, Banyuwangimemiliki potensi sektor pariwisata yang menjanjikan.

Selain itu, dunia usaha, dan sektor pendidikan di Banyuwangi terus berkembang. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan yang meningkat dari tahun ke tahun. "Wisatawan mancanegara pasti tidak keberatan ke Banyuwangi dulu sebelum ke Bali. Apalagi Banyuwangi memiliki begitu banyak kegiatan dan festival,” kata Menpar.

----------

Baca info wisatajabar.com lainnya di GOOGLE NEWS