Wisata Jabar

Gunung Ciwaru, Pesona Keindahan Wisata Alam di Majalengka




Pesona alam menjadi berkah tersendiri bagi Majalengka dalam pengembangan potensi wisata. Sejatinya, kehadiran Bandar Udara Kertajati serta pengembangan akses jalan menjadi peluang tersendiri bagi Majalengka. Kota ini ibarat macan tidur yang di kemudian hari akan bangkit untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Barat.

Dari hari ke hari satu per satu tempat wisata alam mulai bermunculan di Majalengka. Kehadiran spot-spot wisata baru pun mulai meramaikan dunia media sosial. Salah satunya di penghujung tahun 2017 yang mulai jadi perbincangan netizen adalah Wisata Gunung Ciwaru. Tempat wisata ini pun jadi tujuan para wisatawan, terutama anak-anak muda. Maklum saja pemandangan di sana instagramable banget.

Dilansir dari www.infomjlk.co, lokasi wisata ini berlokasi di Blok Cimerang/Girimulya Desa Payung Kecamatan Rajagaluh, lokasi berdekatan dengan Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi. Adalah kekreatifan dan kerja sama pemuda serta masyarakat yang secara mandiri mengelola tempat wisata baru ini sejak pertengahan 2017 lalu..

Berada di puncak bukit/gunung Ciwaru, spot wisata ini layaknya tempat wisata yang ada di Bandung Utara. Dari atas, pengunjung bisa memandang pesona alam berupa view kota Majalengka; deretan pegunungan Kromong; pemandangan Laut Jawa dan Kota Cirebon; persawahan Nangklak dan Ciboer; hingga pesona Gunung Ciremai.

Pesona lainnya berupa pemandangan hamparan hutan pinus layaknya Tebing Keraton di daerah Dago atau The Lodge Maribaya yang ada di Cibodas, Lembang. Dan tentunya, belum afdol ke tempat wisata seperti ini bila belum berfoto selfie. Di sini ada beberapa spot untuk lokasi berfoto sepeti gardu pandang dan sarang burung. Untuk masuk ke lokasi pun sementara gratis dan hanya bayar tempat parkir ke penduduk setempat.

Rute ke wisata alam Gunung Ciwaru
Adapun untuk rute ke wisata Gunung Ciwaru, dari arah Majalengka Kota – Desa Payung (Via Desa Teja atau Desa Sindangpano) - Blok Cimerang - pertigaan ambil jalan lurus, sekitar 50 meter belok kanan lalu 50 meter setelah itu belok kiri lurus ikuti jalan - percabangan jalan ambil jalan yang ke kanan hingga jalan tersebut terhenti di perkampungan penduduk. Sampai di lokasi kendaraan motor bis parkir di sana. Lalu, silakan berjalan kaki ke puncak Ciwaru sekitar 300 meter dengan medan menanjak.

Rute lainnya dari Sindangwangi – Desa Bantaragung- Desa Bantaragung - Desa Payung - sawah Nangklak - Blok Cimerang, ambil kiri di Cimerang ke arah wisata Gunung Ciwaru.

WISATA ALAM GUNUNG CIWARU
Blok Cimerang/Girimulya, Desa Payung, Kec. Rajagaluh, Kec. Majalengka
Kontak WA : 0858 6111 5183 / 0821 1665 3910
Instagram: @gunungciwaru