Wisata Jabar

Festival Durian Sindangwangi 2017 Sedot Antusiasme Pengunjung




Event makan durian secara massal resmi digelar di Pasar Ikan, Lengkong, Sindangwangi pada Sabtu  9 Desember 2017. Event yang berlangsung sampai Minggu,10 Desember 2017 ini menyedot kunjungan wisatawan. Akses jalan ke lokasi pun langsung disergap macet. Festival ini merupakan salah satu dari 100 event Pesona Indonesia tahun 2017 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata. Menurut rencana Menteri Pariwisata Arief Yahya akan turut menghadiri event ini.

Camat Sindangwangi Ono Haryono, mengatakan dengan adanya festival durian ini diharapkan dapat lebih menggairahkan destinasi pariwisata, khususnya di Kecamatan Sindangwangi. Selain menghadiri Festival Duren, pengunjung pun  bisa menjajal sejumalh objek wisata yang ada di Sindangwangi, seperti Talaga Herang di Desa Jeruk Leueut, Talaga Pancar di Desa Lengkong Kulon, Situ Cikuda dan Talaga Biru di Desa Padaherang, serta Curug Cipeuteuy di Desa Bantaragung.

Majalengka punya durian andalan yakni durian sinapeul, durian lokal super yang memiliki rasa manis legit, beraroma menyengat khas, dan bertekstur lembut. Durian ini disebut-sebut hanya ada di Sindangwangi, salah satu kecamatan yang memiliki tanaman durian terluas di Kabupaten Majalengka sehingga dijadikan lokasi Festival Durian. Luas tanaman durian di daerah ini mencapai 2190,50 Ha, luas panen durian 810,30 Ha, dan hasil produksinya mencapai 6.265,10 ton.

Bagi Anda yang berkunjung ke Festival Durian Sindangwangi 2017, berikut ini beberapa hal yang terlu diketahui:

1. Loket penjualan tiket/kupon
Untuk loket ataupun tiket disediakan pada hari Sabtu, 9 desember 2017 mulai pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk Minggu 10 Desember 2017 tiket bisa didapatkan mulai pukul 06.30 WIB. Untuk tiket sendiri bisa didapatkan di sekretariat penjualan tiket dan untuk harganya adalah Rp. 50.000 / kupan per orang.

2. Penggunaan tiket/kupon
Untuk penggunaan kupon sendiri dimulai pada pukul 16.00 WIB untuk hari Sabtu 9 Desember 2017. Sedangkan untuk hari Minggu 10 desember 2017, penggunaan kupon mulai pukul 08.30 WIB. Tiket tersebut bisa digunakan untuktiket masuk stand makan sepuasnya dengan kursi terbatas dan digunakan untuk ditukarkan dengan satu buah durian sinapeul untuk dibawa pulang. Tapi pengunjung juga bisa menonton konser dengan berbelanja di stand-stand yang sudah disediakan pihak panitia.

3. Durian untuk dibawa pulang
Bila Anda telat datang dan tidak ingin mengantre lama-lama, bisa mengunjung stand dengan menukarkan tiket dengan durian yang bisa dibawa pulang.

4. Area makan durian
Unuk menikmati durian, ada beberapa area yang sudah disediakan oleh pihak panitia. Anda bisa membeli dan menukarkan kuponnya di area ini. Akan tetapi, mengingat tempatnya yang sangat terbatas, bagi yang tidak mau mengantre bisa menukarkan kupon tersebut di stand penukaran durian.