Wisata Jabar

Pentingnya CEO Commitment Geopark Ciletuh Menuju Wisata Kelas Dunia




Pentingnya CEO Commitment, penerapan Standar Global, dan alokasi Sumber Daya menjadi “resep” utama dari Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutannya membuka Amazing Geopark Adventure Tourism (AGAT) 2017 ini.

Menpar Arief menyatakan, bahwa Sukabumi tidaklah sendiri dalam “perlombaan” mengembangkan pariwisata di Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tanggal 25 Juli 2017 sebelumnya menyatakan kepada Menpar bahwa telah ditetapkan lima destinasi lainnya untuk dikembangkan sebagai destinasi prioritas pariwisata di Jawa Barat. Oleh karenanya, Menpar Arief ingatkan Bupati Sukabumi Marwan Hamani agar memiliki “CEO” Commitment yang tinggi dan mengalokasikan sumber daya terutama dari sisi anggarannya untuk penguatan dan pengembangan pariwisata di daerahnya.

Lebih lanjut, pointers Menpar Arief dalam pembukaan AGAT 2017 sbb. :

1. Event AGAT (Amazing Geopark Adventure Tourism) 2017
a. Diikuti oleh 14 surfer pro-internasional dari Amerika Serikat, Australia, Italia, Inggris, Jepang, Kanada, Maladewa, Maroko, Philipina , Singapura, Selandia Baru, Thailand dan Taiwan.
b. Ada 11 agenda rangkaian program AGAT 2017, antara lain Cimaja Geosurf Challenge, Ombak Tujuh Geosurf Expedition, hingga AGAT 2017 Instagram Challenge.
c. Pantai Ombak Tujuh, termasuk Top-10 lokasi surfing terbaik di Indonesia oleh Planet Surf.

2. Geopark Ciletuh
a. Saat ini termasuik Geopark Nasional (2015). Indonesia sudah memiliki empat Geopark Nasional (GN) dan dua geopark global (UGG). Keenam geopark tersebut adalah: GN Kaldera Toba, Sumatera Utara; GN Merangin Jambi, GN Ciletuh, Jawa Barat, GN Rinjani-Lombok, NTB; dan UGG Gunung Sewu di DIY-Jateng-Jatim dan UGG Batur di Bali.
b. Sudah diusulkan ke UNESCO (2016) dan kini proses UNESCO Global Geopark, penetapannya pada bulan September 2018.
c. Kemenpar telah menyusun Masterplan Geopark Ciletuh, oleh P2Par ITB (Rp 700 Juta) dan Gerakan Sadar Wisata.

3. KEK Pariwisata untuk Percepatan Ekonomi Jawa Barat
a. Kemenpar memfasilitasi pengusulan KEK Pariwisata dengan membentuk tim percepatan, mengawal target Gubernur Jawa Barat sebanyak 6 KEK Pariwisata : Sukabumi, Pangandaran, Purwakarta, Walini, Jatigede – Sumedang, Kertajati – Majalengka.
b. Ciletuh - Sukabumi diusulkan oleh Gubernur Jawa Barat menjadi KEK pada 25 Juli 2017, saat bertemu Menteri Pariwisata dan ditargetkan tahun 2018.
c. Ciletuh atraksi UGG, aksesibilitas Jalan Tol BOCIMI (Bogor Ciawi Sukabumi), dan akan terus bersambung dengan Jalan Tol JAGORATU (Jakarta Bogor Pelabuhan Ratu).