Wisata Jabar

Event Yudanegara Festival, Angkat Potensi Wisata Tasikmalaya




Potensi wisata suatu daerah salah satunya dapat dilihat dari rutinitas event yang diadakan. Dengan hadirnya event berkala, masyarakat luas bisa lebih mengetahui potensi UKM, seni budaya, kuliner, hingga potensi tempat wisata dengan adanya promosi dan interaksi langsung melalui kegiatan pameran juga kegiatan pentas pertunjukan. Selain itu, di era media sosial sekarang, promosi event tersebut akan tersebar secara lebih viral dan warganet pun akan lebih mengenal apa saja potensi wisata di daerah tersebut.

Itulah yang kini sedang digarap oleh sebagain masyarakat di Tasikmalaya. Dari Jumat sampai Minggu, 25 - 27 Agustus 2017, Kota Tasikmalaya punya gelaran akbar dalam event Yudenaraga Festival. Event yang diadakan di Jln. Yudanegara ini sudah resmi dibuka oleh Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman pada Jumat, 25 Agustus 2017.

Event ini menghadirkan pameran, pentas seni budaya, dan industri kreatif yang ada di Tasikmalaya. Yudanegara Festival merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh elemen di Tasikmalaya, dari ormas, pemerintah kota, seniman, juga didukung beberapa perusahaan sebagai sponsorship. Beberapa kegiatan lain yang diadakan jalan santai pasosore, kompetisi band, kontes audisi dangdut, wisata kuliner, dan lomba mengambar.

Yudanegara Festival ditargetkan menjadi event wisata yang bisa menjadi magnet kunjungan wisatawan ke Tasikmalaya. Selain itu, festival ini pun menampung potensi UMKM yang ada di Tasikmalaya. Untuk itu, dalam event kali ini panitia menyediakan 65 stand lebih. Sementara agar tidak menganggu arus lalu lintas, Jln. Yudanegara tidak di tutup namun diberlakukan satu arah.Sehingga akses jalan pun tetap bisa berjalan.

Dipilihnya Jalan Yudanegara itu, karena berkaitan dengan sejarah.Karena nama itu salah satu pahlawan di Tasikmalaya.Selain tentunya juga lokasi jalan itu sangat strategis. Event Yudafest 1 ini sebagai embrio untuk dijadikan kalender tetap setiap tiap tahunnya. Diharapkan, ke depannya event ini bisa digelar berkesinambungan  dengan format lebih baik dari tahun ke tahun dan tentunya mendapat dukungan lebih dari berbagai pihak.