Wisata Jabar

Wana Wisata Kampoeng Ciherang, Destinasi Wisata Favorit Baru di Sumedang





Nama Wana Wisata Kampoeng Ciherang pada libur Lebaran 2017 ramai menjadi perbincangan para netizen di media sosial. Sajian paduan hutan pinus dan aliran air sungai nan jernih (Sunda = herang) menjadikan kawasan ini jadi spot wisata favorit terbaru di Kab. Sumedang. Kejelian pihak Perum Perhutani KPH Sumedang BKPH Manglayang Timur RPH Cijambu untuk membenahi area wisata alam seluas 12 hektare ini terbukti mampu menyedot kunjungan wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Dengan suguhan pemandangan lahan pesawahan dan perkebunan yang subur di sepanjang jalan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Meski terbilang tempat wisata baru, fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup memadai, seperti tersedianya warung-warung, musala, WC, gazebo, outbond, wahana air, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk wahana yang disediakan, wisatawan dapat menguji adrenalinnya karena di lokasi ini tersedia outbond, mini motocross, rumah pohon, wahana air, persewaan kuda tunggang, rumah pohon, area bermain anak, selfie spot, perahu karet, sepeda di atas tali, sarang burung, dan lainnya.

Lokasi wisata ini kini jadi destinasi baru terutama para remaja. Namun para orang tua pun banyak yang menjadikan kawasan wisata yang lagi ngehits di Sumedang ini jadi tujuan. Tampak anak-anak kecil pun begitu riang bermain di alira sungai nan jernih juga di area tempat bermain anak. Sementara bagi yang suka selfie, di sini banyak spot yang sangat pas buat latara berfoto-foto. Bahkan, Kampoeng Ciherang pun kini jadi tujuan baru para fotografer juga para pasangan yang melakukan sesi foto prewedding.

Wanawisata ini berlokasi di Desa Cijambu, Kec.Tanjungsari, Kab.Sumedang. Jaraknya kurang lebih 10 km dari Tanjungsari. Bila Anda berangkat dari Bandung keluar tol Cileunyi - Jatinangor - Alun-alun Tanjungsari sekitara 500 m dekat pangkalan ojek belok kiri ke arah Tungturunan Tanjungsari - ke arah utara menuju wilayah Desa Pasigaran, pinggiran Desa Kadakajaya, kemudian ke Desa Cijambu

Desa Cijambu sendiri berlokasi di ujung utara wilayah Kecamatan Tanjungsari dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang dan Kecamatan Rancakalong di ketinggian kaki Gunung Cijambu, sebelah timur laut Gunung Manglayang.

Di Kampoeng Ciherang juga telah disediakan area wisata kuliner yang menyediakan berbagai masakan khas Sunda, seperti nasi timbel dan nasi liwet. Selain itu wisatawan juga dapat membeli oleh oleh baik berupa makanan khas Sumedang maupun souvenir khas Sumedang.