Wisata Jabar

Kawah Ratu, Pesona Wisata Adventure di Gunung Salak





Nama Kawah Ratu mungkin identik dengan salah satu kawah (dan kawah terbesar) di Gunung Tangkuban Parahu. Namun, nama Kawah Ratu pun ada di Gunung Salak. Destinasi wisata alam ini kini banyak menarik perhatian pengunjung. Bagi Anda yang tinggal di kawasan Bogor atau Sukabumi, wisata ke Kawah Ratu Gunung Salak bisa jadi alternatif rekreasi petualangan Anda di alam terbuka.

Kawah Ratu merupakan kawah yang aktif di Gunung Salak. Lokasi kawah ini berada pada ketinggian sekitar 1.437 mdpl. Keunikan kawah ini dengan adanya aliran Sungai Cikuluwung yang mengalir sekitar 1 km. Air sungai tersebut semakin menambah keeksotikan kawan Gunung Salah dengan alira air berwarna biru toska bila dilihat dari kejauhan. Dan bila semakin mendekat, aliran sungai tersebut terlihat berwarna kuning yakni adanya endapan belerang.

Dari lokasi Kawah Ratu sendiri para petualang alam bisa sampai ke Puncak Salak I yang ada di ketinggian 2.221 mdpl serta Puncak Salak II yang ada di ketinggian 2.180 mdpl. Puncak Salak sendiri oleh penduduk sekitar dikenal kental dengan cerita-cerita mistis. Luas Kawah Ratu di Gunung Salak tidak seluas Kawah Ratu Tangkuban Parahu. Bentuknya sendiri menyerupai bukit-bukit kapur yang berasap di banyak titik. Di tengah-tengah ada semacam cekungan yang membentuk kolam kecil berisi cairan dan mengeluarkan asap.

Pilihan jalur ke Kawah Ratu
Bila Anda penasaran ingin menyambangi Kawah Ratu di Gunung Salak, ada tiga jalur yang bisa Anda tempuh, pertama dengan melalui jalur Bumi Perkemahan Gunung Bunder (Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor). Lokasinya dekat pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jarak tempuh dari tempat ini ke kawah adalah sekitar 5 km dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam.

Jalur kedua lewat Pasir Reungit yang ada di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Lokasi desa ini berada lebih tinggi dari jalur Gunung Bunder yakni pada ketinggian sekitar 1.173 mdpl sehingga jalur trekkingnya lebih pendek yakni sekitar 3,6 km. Estimasi waktunya sekitar 2 jam

Dan bila Anda ingin melalui dari arah Sukabumi bisa melalui Cidahu (Resort Kawah Ratu). Di sini, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan. Jalur ini memiliki panjang sekitar 4,5 km. Trek menuju Kawah Ratu memang cukup menantang, walau terbilang tidak terjal. Cukup lah untuk olahraga. Selama perjalanan, Anda akan merasakan keindahan dan keasrian alam dengan pemandangan pohon-pohonan hijau yang menyehatkan pernapasan Anda. Juga tantangan trek sungai dan lumpur bisa menjadi petualangan yang mengasyikkan.

Untuk mengunjungi Kawah Ratu ada beberapa saran:
- Sebaiknya pagi-pagi karena bau belerangnya saat pagi tidak terlalu menyengat dibanding siang hari.
- Disarankan juga untuk tidak berlama-lama saat berada di Kawah Ratu.
- Gunakan sepatu/sandal gunung
- Jaga selalu kebersihan di lokasi serta perhatikan keamanan Anda selama perjalanan menuju lokasi.
- Bawa perbekalan dan tidak buang sampah sembarangan. Saat turun dari lokasi, bila menemukan sampah harap bawa untuk menjaga keasrian alam di sana.