Wisata Jabar

10 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Bandung Utara





Wisata anak sama dengan wisata keluarga. Bagi Anda yang berkunjung ke Bandung, banyak pilihan untuk membawa anak berwisata. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata anak di Bandung pilihan tim redaksi wisatajabar.com.

1. Kebun Binatang Bandung
Pada  momen  libur panjang,  tidak  hanya objek-objek wisata baru dan modern yang menjadi buruan wisatawan. Objek wisata klasik seperti Kebun Binatang Bandung di Jln. Tamansari  pun ternyata tetap menjadi favorit warga Bandung dan  sekitarnya untuk memanfaatkan waktu luang bersama keluarga. Bagi sebagian warga, Kebun Binatang Bandung menjadi wisata alternatif yang murah meriah.

Selain bisa melihat aneka satwa, pengunjung pun bisa bersantai di bawah pohon atau botram (makan bersama) dengan beralaskan samak (tikar) sewa atau bawa sendiri. Tempat ini pun cocok buat keluarga sambil membawa si buah hati; mengenalkan dunia satwa secara langsung pada mereka.

2. Kampung Gajah Wonderland
Di tempat wisata kawasan Cihideung Lembang ini ada 25 wahana. Salah satu wahana unggulan untuk anak-anak di Kampung Gajah adalah Tubby Slide. Wahana ini diadopsi dari Italia, dan masih satu-satunya di Asia. Permainan berupa lintasan seluncuran ini tidak berakhir di air, tetapi di hamparan tanah dengan pelapis khusus yang tidak akan mencederai anak-anak.

Bagi Anda penggemar aktivitas luar ruangan bisa menjajal touring ATV, fun bike, segway, menunggang kuda, out bond, dan aktivitas menantang lain. Rekreasi anak bisa terpuaskan dengan arena bermain, mini flying fox, dan trek sepeda. Di area Kampung Gajah Wonderland yang menjadi favorit ada juga wahana Wavepool. Pantai buatan ini layaknya pantai biasa dimana ombak-ombak saling berlomba mengejar jari jemari kaki Anda.

3. Floating Market Lembang
Floating Market Lembang menyajikan tempat wisata yang sagala aya (segala ada). Lokasi wisata yang dulu dikenal denga Situ Umar ini letaknya persis di belakang Grand Hotel Lembang yakni di Jln. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung Barat. Pada musim liburan akhir tahun, sudah pasti tempat yang menyajikan aneka wahana wisata ini selalu menjadi tujuan utama para pelancong. Tempat ini memang sangat cocok untuk wisata keluarga.

4. Rumah Hobbit Farmhouse Lembang
Inilah destinasi wisata di Bandung Utara yang paling ngehits beberapa tahun ke belakang ini. Di siini pengunjung bisa menemukan rumah-rumah tradisional bergaya Eropa dan taman-taman yang elok di tengah sejuknya udara Lembang. Tempat-tempat ini merupakan sudut-sudut yang menarik bagi para pengunjung untuk berselfie ria. Bahkan pada akhir pekan, orang harus antre untuk memperoleh kesempatan berpose di area-area ini. Hal ini karena hanya ada satu rumah Hobbit di sini. Maka, antrean pun biasa sampai mengular.

5. Taman Lalu Lintas Bandung
Taman yang dikenal dengan nama Taman Ade Irma Suryani Nasution ini tempat pas untuk sang anak mengenal kelalulintasan. Di sini anak-anak akan bisa menikmati berkendaraan dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan. Di taman yang dekat dengan SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung ini dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Kawasan ini sekarang sudah direvitalisasi sehingga lebih nyaman buat wisata anak dan menghadirkan aneka wahana.

6. D'Ranch Lembang
Tempat wisata yang tak jauh dari Alun-Alun Lembang ini menghadirkan sensasi berwisata menunggang kuda. Di tempat ini  pun ada sapi-sapi yang ditempatkan pada kandang yang luas. Sapi juga merupakan hiburan tontonan yang menarik khususnya anak-anak. Demikian juga dengan tipe olahraga ekstrem yakni flying fox, rock climbing yang sedang digemari oleh banyak orang juga dapat Anda nikmati ditempat ini. Selain itu, objek wisata De’Ranch juga menawarkan nilai lebih dari sekadar tempat wisata dengan pemandangan alam indahnya. Pengunjung diajak menikmati suasana peternakan sebenarnya.

7. Next Level di Paris van Java Mall
Next Level baru dibuka pada Minggu, 29 Januari 2017. Tempat wisata outbond di salah satu tempat belanja terkenal di Bandung yakni Paris van Java (PVJ)l, Jln. Sukajadi ini menghadirkan lebih dari dari 15 wahana permainan, di antaranya wall climbing, trampolin, walking on the rope, steping bar, spyder web, dan steping stone. Tempat wisata ini ditujukan untuk segmen anak-anak, remaja, hingga dewasa. Next Level juga diperlengkapi dengan sarana Wall Climbing tertinggi di Bandung bagi pecinta wall climbing profesional.

8. Terminal Wisata Grafika Cikola
Di sini, anak-anak bisa menikmati fasilitas outbond, dimana ada flying fox, jembatan tali dua, jembatan borma, turun tebing, jaring laba-laba, jembatan Elvis, wisata naik kuda, ATV, wisata rumah pohon, kebun strawberry. Untuk penginapan tersedia kamar hotel, pondok wisata, rumah panggung dan area berkemah. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kuliner tersedia masakan tradisional sunda, seafood, paket menu, dan ditunjang dengan Saung Lesehan, Restoran Sangkuriang, Restoran Sunda, Aula Bambu dan Aula Hutan. Terminal Wisata Grafika Cikole dilengkapi fasilitas pendukung area parkir kendaraan, musholla dan minimarket dengan keamanan 24 jam.

9.  Dago Dream Park
Kini, di kawasan Dago pun telah hadir tempat wisata yang sangat cocok untuk wisata keluarga, terutama yang bawa anak-anak. Namanya Dago Dream Park yang berlokasi di Jln. Dago Giri km 2,2, Mekarwangi Bandung (arah ke Lawangwangi Creative Space). Tempat wisata yang baru dibuka pada Juli 2016 ini menyajikan konsep wisata permainan dan kuliner.

Dengan mengusung tagline "Fun in Nature", Dago Dream Park memang sangat cocok untuk wisata hiburan dan outbond. Selain itu, keindahan alam di sini pun bikin betah para pengunjung untuk bersantai atau berfoto-foto. Untuk permainan anak-anak, setiap wahana punya keunikan dan disesuaikan dengan grade usia anak.

10. Karangsetra Waterland
Kolam Renang Karang Setra berdiri sejak 1954 dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Karang Setra Waterland berlokasi di  Jl. Sirnagalih No.15 Bandung. Lokasinya termasuk mudah dijangkau dan akrab di kalangan wisatawan luar.

Bagi Anda yang biasa berkunjung ke Lembang dari arah keluar tol Pasteur via Jln. Sukajadi menuju Ledeng/Geger Kalong pasti melewati jalan dekat wisata kolam renang ini. Kolam Renang Karang Setra bisa juga diakses dari Jln. Suka Sirna.

Kolam renang di Bandung utara ini selain tempat rekreasi juga biasa jadi tempat latihan para atlet renang profesional. Di hari-hari biasa tempat ini dipenuhi oleh anak-anak siswa sekolah yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pelajaran olahraga. Kini, kolam renang tersebut telah direvitalisasi dan sangat pas buat wisata keluarga. Namanya pun menjadi Karang Setra Waterland.