Wisata Jabar

Tenjo Laut, Wisata Pemandangan Alam Kekinian di Kuningan





Anda ingin merasakan jadi burung dan berfoto selfie di sarang raksasa? Atau berfoto di rumah hobbit alias rumah kurcaci seperti yang di Farmhouse Lembang? Kini di daerah Kabupaten Kuningan tengah ngehits kawasan wisata alam Tenjo Laut Palutungan.

Lokasinya berada di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Persisnya di sebelah barat lembaga rehabilitasi BNN. Bumi Perkemahan Tenjo Laut  lokasinya searah dengan Bumi Perkemahan Palutungan. Di sini, ada hutan pinus dengan view Waduk Darma di selatan dan Gunung Ciremai di utara.

Tenjo Laut Palutungan kini jadi tempat favorit terutama kaum muda yang ingin berfoto-foto ria juga tentunya menikmati keindahan alam dari ketinggian. Untuk suasana berfoto yang romantis, ada view deck dengan hiasan kembang cinta. Juga ada taman cinta seperti yang ada di bukit Sadu, Soreang. Ada juga spot Saung Dahan yang bahannya terbuat dari dahan-dahan kayu.

Buat yang ingin kumpul-kumpul bareng genk main, Tenjo Laut bisa jadi pilihan. Area wisata alam ini sebenarnya kawasan bumi perkemahan yang ada di lereng selatan Gunung Ciremai. Kawasan bumi perkemahan ini berada di ketinggian 1.100 meter diatas permukaan laut (mdpl). Kian hari, pengunjung pun banyak yang berdatangan ke kawan yang memiliki luas hamparan mampu menampung lebih dari 100 tenda tersebut.

Apalagi, setiap Sabtu dan Minggu pengunjung banyak yang berdatangan ke lokasi perkemahan yang dikelola pihak Desa Cisantana, Babakan Mulya dan Puncak, Kecamatan Cigugur tersebut. Buper Tenjo Laut sebenarnya sudah ada seja lama selain Buper Ipukan dan Palutungan. Namun waktu itu belum digarap maksimal, terutama dari fasilitas spot-spot wisatan. Namun kini, kawasan wisata alam yang berjarak sekitar 1 kilometer ke arah selatan dari permukiman warga Dusun Palutungan tersebut sudah dipercantik.