Wisata Jabar

Tempat-Tempat Asyik Buat Ngabuburit di Bandung



Tempat Ngabuburit di Bandung

Ngabuburit adalah istilah dalam bahasa Sunda yang kini sudah tidak asing lagi diserap ke dalam bahasa Indonesia. Ngabuburit sendiri berasal dari kata dari bahasa Sunda "burit" artinya 'sore/senja hari'. Ngabuburit sendiri adalah kegiatan mengisi waktu untuk menunggu magrib tiba. Ada ragam kegiatan yang bisa dilakukan oleh mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa, dari kegiatan keibadahan seperti tadarus al Quran hingga main.

Bagi Anda warga Bandung atau sedang melancong ke kota ini, ada beberapa pilihan untuk kegiatan ngabuburit yang asyik, di antaranya:

1. Ngabuburit sambil beribadah atau mencari ilmu
Bisa Anda lakukan dengan menyambangi tempat-tempat seperti Masjid Raya Bandung, Masjid Daarut Tauhid, Masjid Agung Trans Studio, Pusdai, Masjid Salman, dan lokasi-lokasi lainnya. Di tempat-tempat tersebut biasa ada kegiatan tadarus bersama atau mendengarkan tausyiah dari penceramah.

2. Taman-Taman di Bandung
Bila Anda ingin mengajak anak untuk ngabuburit, banyak taman di Bandung yang bisa disambangi. Anda bisa nongkrong di taman-taman dekat Balai Kota Bandung (Taman Sejarah, Taman Vanda, Taman Balai Kota/Labirin, Taman Sungai Cikapayang). Atau bisa juga menyambangi taman lainnya yang ada di Kota Bandung: Taman Lansia, Taman Superhero, Taman Radio, Taman Musik, Taman Film, Taman Pers, Taman Fotografi, dll.

3. Kawasan Alun-Alun Bandung
Inilah area yang banyak digunakan oleh warga Bandung untuk ngabuburit, di antaranya: Taman Alun-Alun, Jln. Dalem Kaum, area Gedung Merdeka/Cikapundung River Spot, Jln. Braga, dll. Banyak tempat duduk yang bisa digunakan di sini untuk Anda melepas lelah. Biasanya, bila sampai waktu adzan magrib, para ngabuburiters sekalian menikmati makanan ta'jil di Masjid Raya Bandung. Pihak pengelola Masjid Raya Bandung biasanya menyediakan ribuan makanan untuk para pengunjung masjid.

4. Kawasan Gedung Sate
Di sini, pengunjung bisa berjalan-jalan atau berfoto di depan Gedung Sate atau di Lapangan Gasibu. Dari Gedung Sate pun dekat dengan Taman Lansia dan Museum Geologi Bandung. Sementara di sebelah utara ada Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) yang sorea hari biasanya jadi spot favorit warga Bandung ngabuburit.

5. Mall dan bioskop
Ada banyak mall di Bandung yang bisa jadi pilihan untuk ngabuburit, seperti Click Square Mall di Jln. Naripan, Bandung Indah Plaza di Jln. Merdeka, Festival Citylink di Jln. Peta, Braga City Walk di Jln. Braga, atau Cihampelas Walk di Jln. Cihampelas.

6. Ngabuburit sekalian belanja
Bila Anda ngabuburit sekalian belanja, lokasi-lokasi pilihan di Kota Bandung ada Pasar Baru Trade Center; sentra sandang murah Pasar Andir; mall-mall; sentra distro seperti di Parahyangan Plaza atau Jln. Trunojoyo; sentra Factory Outlet di Jln. Riau dan Jln. Dago; sentra busana muslimah di Jln. Buah Batu; Sentra Tekstil di Jln. Cigondewah; sentra sepatu Cibaduyut; sentra jeans di Cihampelas; atau belanja buku di Pasar Palasari.

7. Tempat wisata
Untuk tempat wisata di Bandung ada beberapa pilihan. Namun ada baiknya saat ngabuburit disesuaikan dengan waktu dan tenaga, jangan sampai Anda kehausan. Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga seperti ke Kebun Binatang Bandung, Floating Market, Rumah Hobbit Farmhouse Lembang, Trans Studio Bandung, dan lainnya.