Wisata Jabar

Pandeglang Food Festival 2017, Event Wisata Kuliner dan Seni Budaya





Event Pandeglang Food Festival berlangsung dari 28-30 April 2017. Kegiatan ini berlangsung di Kawasan Pantai Teluk Labuan Pandeglang Banten dan dibuka pada Jumat (28/4/17). Acara pembukaan Pandeglang Food Festival 2017 ditandai dengan seni gendrong/lesung, dan dilanjutkan dengan penampilan tarian kolosal Pandeglang.

Dalam event berakar kearifan lokal ini, dihadirkan berbagai makanan khas Pandeglang dan pemeran lainnya. Tidak hanya kuliner, penampilan seni budaya juga akan disajikan di Pandeglang Food Festival. Acara ini untuk umum dan digratiskan. Salah satu sajian seni adalah dengan hadirnya penyanyi pop Sunda, Rita Tila.

Pameran kuliner dan pentas seni budaya
Dalam acara ini juga ada hiburan dari para penari ronggeng pesisir, jaipongan kreatif, dan alunan tari Saman Beluk dari para seniman tua yang sengaja didatangkan dari kampung Susukan desa Sukarame kecamatan Carita.

Event Pandeglang Food Festival 2017 dibuka secara resmi oleh Asdep Bidang Pengembangan Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya yang dihadiri juga oleh Bupati Kabupaten Pandeglang Irna Narulita, jajaran SKPD Pemkab Pandeglang, dan seluruh unsur masyarakat Teluk Labuan.

Event ini merupakan kerja sama PHRI Pandeglang, Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Banten, Bank BJB Cabang Labuan, dan beberapa pengusaha kuliner di wilayah Kabupaten Pandeglang serta melibatkan komunitas nelayan dan budaya masyarakat.

Kegiatan Pandeglang Food Festival 2017 yang menghadirkan panganan lokal khas Pandeglang serta memanfaatkan bahan-bahan nonberas menjadi sebuah makanan yang tak kalah lezatnya. Dalam event ini juga diadakan lomba masak khas Pandeglang, seperti tumpeng beras, seafood, dan Angeun Lada, yaitu kuliner tradisional dari bahan daging kerbau

Akan jadi kalender rutin tahunan
Kegiatan ini pun untuk memperingati di hari jadi ke-143 Kabupaten Pandeglang serta mendukung program percepatan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Lesung. Pandeglang Food Festival yang digelar selama tiga hari ini sukses menyajikan aneka kuliner dengan deretan round table di pinggiran dermaga pelabuhan ikan Teluk Labuan. Selain itu, ada beberapa kapal nelayan tersedia secara khusus untuk para tamu sambil menikmati makanan.

Pandeglang Food Festival tahun ini merupakan event yang pertama kalinya diadakan. Rencananya, Pandeglang Food Festival akan menjadi event tahunan di serta dapat menjadi event nasional.