Wisata Jabar

Curug Tilu, Primadona Wisata Terbaru di Kecamatan Sukasari, Purwakarta




Selama ini tidak banyak wisatawan tahu jika daerah yang berada paling ujung Waduk Jatiluhur ini memiliki panorama alam yang cukup eksotis. Hingga 2015, jarang ada orang yang mau untuk menjejakkan kaki ke wilayah ini. Maklum saja akses ke daerah ini lumayan menantang. Namun sejak penghujung akhir 2015, akses ke kawasan ini sudah dibenahi oleh pihak Pemkab Purwakarta. Kini, jalanan mulus bisa dilalui untuk menyambangi kawasan yang dikenal dengan destinasi wisatanya.

 Potensi wisata alam Kecamatan Sukasari, Purwakarta
Kecamatan Sukasari dalam urusan wisata memang sangat potensial, terutama dalam keindahan alam. Gunung-gunung yang menjulang tinggi serta panorama alam yang masih asri di wilayah itu. Kawasan ini pun terus digenjot untuk dijadikan tujuan wisata. Bagi anak-anak muda, ada lokasi yang sering dijadikan lokasi camping, seperti Tampian (Pelabuhan) Perahu di Cilipa Desa Sukasari, yang lokasinya berada di tepi Waduk Jatiluhur.

Lokasi wisata alam alam lainnya yang ada di Kecamatan Sukasari ada Curug Jayanti (Kampung Cisaat Desa Sukasari), Curug Tilu (Desa Kertamanah/Gunung Buleud), dan Curug Cikanyayan. Salah satu tempat wisata yang kini makin ngehits adalah Curug Tilu. Objek wisata air terjun ini berlokasi di Kampung Ciririp, Desa Kertamanah, Kec. Sukasari, Purwakarta. Nama Curug Tilu memang seperti nama umum di Jawa Barat. Nama Curug Tilu juga terdapat di kawasan Parongpong Bandung Utara dan kawasan Ciwidey.

Keunikan Curug Tilu
Keunikan Curug Tilu ini adalah aliran airnya yang mengalir di antara bebatuan berundak. Lebih dari itu, aliran airnya sangat jernih. Tak heran jika wisata air terjun ini banyak dikunjungi para kawula muda yang ingin mengabadikan lewat foto atau menikmati suasana dengan berenang di sini.

Karena tempatnya masih sangat alami dan belum dikelola secara komersial, masuk tempat ini masih gratis. Namun bagi yang ingin menyambangi Curug Tilu, saat sampai di sana bisa menghubungi pemandu lokal. Di sana ada Komunitas Kompas, sebuah komunitas anak-anak muda pecinta alam di wilayah tersebut.

Pemandangan indah sepanjang perjalanan
Bila Anda ingin berkunjung ke Curug Tilu Sukasara, aksesnya dari arah kota Purwakarta lewat jalur ke arah Ciririp, Sukasari. Setelah melewati Parang Gombong terus lurus. Lama perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Purwakarta.

Untuk kondisi jalan terbilang mulus dan selama perjalanan bisa menikmati pemandangan alam areal persawahan juga kawasan Badega Gunung Parang, Gunung Bongkok, Gunung Lembu, Waduk Jatiluhur, dan hamparan rumput luas.Anda bisa menanyakan lokasi curug ini ke penduduk setempat. Namun untuk menanyakannya di kawasan daerah Gunung Buleud arah ujung Sukasari, karena untuk penduduk luar kawasan tersebut masih belum banyak yang hafal.